alexametrics

Sebelum Fit And Proper Test, Idham Azis Disambangi Komisi III DPR

30 Oktober 2019, 11:45:08 WIB

JawaPos.com – Rombongan anggota Komisi III DPR menyambangi kediaman Kepala Badan Reserse Kriminal, Komjen Pol Idham Azis di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Pihak Komisi III DPR ingin berdialog dengan Idham sebelum yang bersangkutan melakukan fit and proper test sebagai calon tunggal Kapolri.

Wakil Ketua Komisi III DPR Desmond Junaidi Mahesa menyatakan, kedatangan pihaknya ke rumah jenderal bintang tiga untuk membangun dialog dengan keluarga Idham. Menurutnya pertanyaam itu terkait Idham yang merupakan calon Kapolri.

“Kita dialog dengan Pak Idham, juga istri dan anak-anaknya. Siapa saja keluarganya, kita berdialog tentang persoalan yang selayaknya harus kita pertanyakan sebagai calon Kapolri,” kata Desmond di lokasi, Rabu (30/10).

“Ya misalnya tentang keluarga, harmonisasi keluarga, sekolah anak-anak. Kita akan lihat gaya hidup dan lainnya,” sambungnya.

Desmond menuturkan, setelah melakukan dialog, DPR akan segera melakukan uji kepatutan dan kelayakan. Waktu uji kelayakan rencananya akan dilakukan siang nanti di ruangan Komisi III DPR. “Jamnya kita udah sepakati jam 14.30,” jelas Desmond.

Sementara itu, anggota Komisi III DPR Fraksi Demokrat, Didik Mukrianto menyebut Idham pernah mendapatkan penghargaan kenaikan pangkat luar biasa saat pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Idham juga dianggap memiliki prestasi dan legacy yang menonjol.

Didik meyakini dengan kapasitas, kapabilitas, kompetensi, dan komitmen Idham di institusi Polri secara kelembagaan akan lebih baik lagi. Terlebih melakukan penegakan hukum dan menjamin rasa aman kepada masyarakat.

Didik juga menilai tantangan kinerja Idham sebagai Kapolri ke depan akan semakin berat dalam menghadapi berbagai dinamika baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Ia berharap Polri terus melakukan pengawasan ke dalam yang cukup intens, meningkatkan kinerja dan penguatan kelembagaan.

“Namun saya mengingatkan dinamika politik ke depan, khususnya dalam Pilkada 2020, Polri harus terus menjamin netralitas aparatnya untuk menghadirkan demokrasi yang baik di negeri ini,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Komjen Pol Idham Azis merupakan calon tunggal Kapolri. Idham ditunjuk setelah Jenderal Polisi (Purn) Tito Karnavian didaulat sebagai Menteri Dalam Negeri (Mendagri) oleh Presiden Joko Widodo.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Muhammad Ridwan



Close Ads