alexametrics

Tim DVI Belum Berhasil Identifikasi Korban Lion Air, Ini Penyebabnya

30 Oktober 2018, 21:25:06 WIB

JawaPos.com – Tim DVI Mabes Polri telah mengambil 184 data-data fisik atau antemortem korban jatuhnya pesawat Lion Air JT 610. Sekitar 147 orang yang merupakan keluarga korban pun telah dites DNA-nya.

Namun kata Kapusdokkes Polri Brigjen Arthur Tampi, dari 24 kantung jenazah yang datang semalam ke RS Polri, belum ada yang berhasil diidentifikasi.

“Saat ini sedang laksanakan rekonsiliasi untuk pekerjaan hari ini, tetapi kami sampaikan hari ini kami belum bisa identifikasi satu pun korban dari 24 kantung jenazah yang kami terima sampai siang tadi,” ungkapnya saat menggelar konferensi pers di RS Polri, Jakarta, Selasa (30/10).

Tim DVI Belum Berhasil Identifikasi Korban Lion Air, Ini Penyebabnya
Infografis pesawat Lion Air jatuh (Kokoh Praba/JawaPos.com)

Alasannya, karena 24 kantung jenazah tersebut berisi bagian tubuh saja dan tidak utuh. Setidaknya ada 87 potongan tubuh yang dilakukan proses identifikasi . 

“Memang ada beberapa ciri spesifik kami temukan, tapi kami belum bisa merilis itu karena dari data antemortem, ada beberapa keterangan keluarga yang mempunyai keluarga ciri yang sama,” jelas Arthur.

Selain itu, tes DNA pun hasilnya baru keluar beberapa hari ke depan. “Kami akan menunggu pemeriksaan DNA paling cepat empat hari sampai delapan hari,” imbuhnya.

Pihaknya juga terus memeriksa kantung jenazah yang kembali berdatangan sejak sore tadi. Dari pantauan JawaPos.com, setidaknya ada 10 kantung mayat lagi yang datang ke RS Polri. Kemungkinan jumlah itu akan terus bertambah.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : (dna/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Tim DVI Belum Berhasil Identifikasi Korban Lion Air, Ini Penyebabnya