alexametrics

Ratusan Penumpang Diduga Masih Berada di Dalam Pesawat Lion Air

30 Oktober 2018, 14:46:33 WIB

JawaPos.com – Upaya evakuasi korban jatuhnya pesawat Lion Air JT-610 terus diupayakan tim SAR gabungan, di Perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat. Sejauh ini telah ditemukan beberapa tubuh korban dalam kondisi tak utuh dari sekitar 189 orang di dalam cabin pesawat itu.

Kemungkinan para jenazah masih terjebak di dalam badan pesawat yang saat ini belum dapat ditemukan. Hingga Selasa (30/10) dini hari ada 24 kantong jenazah yang diterima oleh RS Polri Kramatjati, Jakarta Timur.

“Ya mestinya kan begitu, ya kan orang di dalam pesawat kan, cuma belum ketemu nanti kalau sudah ketemu kita akan update,” ujar Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Marsekal Madya M Syaugi di RS Polri Kramatjati, Jakarta, Selasa (30/10).

Ratusan Penumpang Diduga Masih Berada di Dalam Pesawat Lion Air
infografis jatuhnya pesawat Lion Air (Kokoh Praba / JawaPos.com)

Sejauh ini, pihaknya masih berusaha menemukan badan pesawat tersebut. Mengingat titik koordinat lokasi jatuhnya pesawat sudah ditemukan.

“Titik koordinat (jatuhnya pesawat) sudah, kalau main body belum ketemu. Jadi sekarang masih dicari dengan namanya alat multi bim eco sounder di samping penyelaman juga,” jelas dia.

Sementara pencarian akan dilakukan sekitar tujuh hari sesuai standar operasional prosedur (SOP) Basarnas. Setelah tujuh hari, apabila belum ditemukan dan masih dimungkinkan untuk melakukan pencarian, pihaknya akan menambah tiga hari kerja.

“Setelah sepuluh hari kita akan analisa ada kemungkinan akan ditemukan ya diteruskan seperti di Palu dan Lombok,” beber Syaugi.

Pihaknya dan beberapa otoritas terkait memastikan akan bekerja maksimal untuk menemukan seluruh penumpang pesawat nahas itu. “Ini bangsa kita sendiri, semuanya harus all out,” pungkas Syaugi.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : (dna/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Ratusan Penumpang Diduga Masih Berada di Dalam Pesawat Lion Air