alexametrics

Pakai Perahu Kayu, Nelayan Bantu Evakuasi Korban dan Serpihan Lion Air

30 Oktober 2018, 19:31:46 WIB

JawaPos.com – Selain tim tim gabungan dari Basarnas, TNI, Polri, dan Pemda, sejumlah nelayan Tanjung Pakis juga turut membantu pencarian korban serta puing-puing pesawat Lion Air yang jatuh di perairan, Karawang, Jawa Barat sejak Senin (29/10). 

Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto mengatakan, pihaknya menyambut baik insiatif masyarakat atas tragedi ini. Mereka menaiki kapal motor masing-masing dan menyisir permukaan laut.

Lion Air Jatuh
Infografis Lion Air jatuh (Kokoh/JawaPos.com)

“Sangat banyak nelayan kita menggunakam perahu kayu yang ikut dan turun mencari serpihan-serpihan pesawat maupun yang diduga korban,” ujarnya di Pantai Tanjung Pakis, Selasa (30/10).

Namun, lanjut Agung, pihaknya tidak mengijinkan para nelayan untuk melakukan penyelaman. Karena untuk kegiatan evakuasi di dasar laut dilakukan oleh pasukan gabungan. 

“Untuk tim penyelam tentu sesuai standar operasional tertentu. Mereka sudah melakukan penyelaman yang selesainya nanti jam 17.00 WIB,” tegas dia.

Menurutnya, batas waktu evakuasi di dasar laut dan di atas permukaan air berbeda. “Tapi kalau (evakuasi) permukaan terus (berlanjut) 24 jam rekan-rekan kita melaksanakan kegiatan itu,” terang Agung.

Lebih lanjut, Agung juga berharap, peralatan scan sonar bisa lebih banyak lagi dihadirkan di lokasi, ini untuk mempermudah deteksi titik jatuhnya pesawat. Mengingat, mereka juga harus menemukan kotak hitam atau black box Lion Air JT-610.

“Sekarang lagi menggunakan peralatan sonar, kita tunggu saja, karena butuh peralatan yang lebih canggih semoga cepat ditemukan,” paparnya.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : (yes/JPC)

Copy Editor :

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Pakai Perahu Kayu, Nelayan Bantu Evakuasi Korban dan Serpihan Lion Air