alexametrics

Jokowi: Kerusuhan di Wamena Bukan Isu Etnis, Tapi Ulah KKB

30 September 2019, 13:50:58 WIB

JawaPos.com – Presiden Joko Widodo meminta publik untuk tidak mengaitkan kasus kerusuhan di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua akhir pekan lalu ke isu etnis Papua dan non-Papua. Jokowi mengatakan bahwa Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang berada di balik aksi kekerasan tersebut.

“Ini adalah kelompok kriminal bersenjata yang dari atas, di gunung turun ke bawah dan melakukan pembakaran-pembakaran rumah warga,” ujar Jokowi di Istana Kepresidenan, Bogor, Senin (30/9).

Jokowi menuturkan, saat ini aparat kepolisian sudah berhasil menangkap beberapa tersangka yang melakukan pembunuhan dan pembakaran di Wamena. “Saya sampaikan bahwa aparat keamanan telah bekerja keras untuk melindungi semua warga,” imbuhnya.

Berdasar itu, mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut mengajak masyarakat untuk tenang dan menahan diri. Selain itu, masyarakat juga diminta hati-hati terhadap provokasi dan fitnah yang bertebaran di media sosial.

“Kita imbau agar masyarakat tidak keluar dari Wamena karena aparat sudah bisa mengamankan,” tuturnya.

Jokowi menambahkan, dirinya sudah meminta Menkopolhukam Wiranto bersama jajaran TNI/Polri untuk mengejar perusuh-perusuh yang belum tertangkap.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Folly Akbar



Close Ads