alexametrics

Jokowi: Isolasi RT/RW Lebih Efektif Dibanding Karantina Kabupaten

30 Juni 2020, 12:56:13 WIB

JawaPos.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, semua pihak harus tetap fokus kepada penanganan virus Korona atau Covid-19 di tanah air. Agar angka penularannya bisa dikendalikan.

Menurut Jokowi, salah satu cara mengendalikan angka penularan virus Korona caranya dengan mengisolasi Rukun Tangga (RT) dan Rukun Warga (RW).

“Strategi intervensi yang paling efektif untuk tanganai Covid-19. Strategi berbasis lokal mengisolasi RW, kampung atau desa,” ujar Presiden Jokowi dalam konfrensi pers di Jawa Tengah, Selasa (30/6).

Jokowi berujar, dengan strategi mengisolasi RT dan RW ini lebih efektif menekan penularan virus Korona ketimbang mengkarantina kota ataupun kabipaten.

“Jadi isolasi RW dan RT ini lebih efektif daripada karantina kota atau kabupaten,” katanya.

Jokowi berharap strategi mengisolasi RT dan RW bisa diterapkan jika salah satu daerah mereka ada warganya yang terpapar virus Korona.

“Jadi strategi ini agar kita pakai bersama-sama sehingga kita harap terjadi penurunan Rt atau R0,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Jokowi juga berharap angka penularan virus Korona di Jawa Tengah bisa benar-benar hilang. Ia menargetkan Juli mendatang para kepala daerah bisa bekerja keras untuk menanggani virus Korona. Sehingga ekonomi bisa kembali pulih di provinsi tersebut.

“Sehingga di Jateng namanya Covid-19 betul-betul bisa h‎ilang dan Insyaallah ekonomi kita bisa merangkap pada sebuah pertumbuhan yang normal,” pungkasnya.

Sekadar informasi, kasus virus Korona di Jateng sampai dengan Senin (29/6) totalnya mencapai 3.680. Sementara yang meninggal dunia totalnya mencampai 150 orang.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Gunawan Wibisono



Close Ads