JawaPos Radar | Iklan Jitu

Nasib Ribuan Honorer Terkatung-Katung, Mantan MenPAN-RB Bilang Begini

30 Juni 2018, 01:49:05 WIB | Editor: Dimas Ryandi
Honorer K2
Tuntutan ribuan honorer K-2 masih sama yakni soal status pengangkatan mereka sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS). (JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Kritik pedas pada pemerintah dan DPR terkait nasib honorer kategori dua (K2) yang masih terkatung-katung diungkapkan oleh Mantan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Azwar Abubakar. Menurutnya pemerintah harus peka dan tegas.

Azwar juga mengimbau, agar pemerintah bisa mengangkat honorer K2 yang memenuhi persyaratan maka segera angkatlah jadi CPNS. Sebaliknya bagi yang tidak layak, jadikan mereka pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K).

"Harus diambil langkah cepat. Pemerintah jangan membiarkan honorer K2 hidup dalam ketidakpastian," ucap Azwar, Jumat (29/6).

Azwar mengakui, kualitas honorer K2 banyak yang di bawah standar. Karena itu menjadi tanggung jawab pemerintah untuk meningkatkan kompetensi honorernya.

Dirinya juga menyarankan, apabila ingin honorer K2 direkrut lewat tes, sebaiknya pemerintah daerah masing-masing memberikan pembekalan agar banyak yang lulus. Kalau tidak lulus dibina lagi agar berhasil di tes berikutnya.

"Saya pikir Ini cara menghargai pengabdian honorer K2. Kualitas mereka memang rendah, tapi bisa ditingkatkan dengan berbagai pelatihan," terangnya.

Begitu juga dengan guru PNS yang diangkat dari honorer. Sebagian besar memang kompetensinya rendah. Itu sebabnya, pemerintah wajib memberikan berbagai pelatihan agar meningkatkan kualitas gurunya.

(jpg/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up