alexametrics

Urai Kemacetan, Contra Flow Dilakukan di Tol Jakarta-Cikampek

30 Mei 2019, 09:11:38 WIB

JawaPos.com – PT Jasa Marga (Persero) Tbk mulai memberlakukan sejumlah cara untuk mengurai kemacetan di sejumlah titik Tol Jakarta-Cikampek pada Kamis (30/5) pagi ini. Salah satunya, mereka mulai memberlakukan rekayasa lalu lintas contra flow untuk mengurai kepadatan yang mengarah ke Cikampek.

Pemberlakukan contraflow dimulai sejak pukul 05.30 WIB. Titik contraflow dimulai dari Km 29 sampai dengan Km 61 arah Cikampek. Contraflow yang diberlakukan hari ini juga dilakukan lebih awal dari jadwal. Seharusnya baru dimulai pukul 06.00 WIB.

Rekayasa lalu lintas itu diharapkan dapat mencairkan kepadatan Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek. Terutama menjelang titik-titik rest area Km 33, Km 39, Km 50 dan Km 57.

“Memasuki H-6 Lebaran 2019, terpantau peningkatan volume lalu lintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek yang mengakibatkan kepadatan di spot-spot tertentu. Terutama menjelang titik rest area,” kata Corporate Communications Department Head, Irra Susiyanti dalam keterangannya, Kamis (30/5).

Jasa Marga juga mengimbau pengguna jalan yang melakukan perjalanan jauh agar dapat mengantisipasi lebih dini untuk mengambil lajur contraflow. Sedangkan untuk pengguna jalan dengan jarak perjalanan yang pendek, agar tetap menggunakan lajur normal.

“Tetap hati-hati berkendara, perhatikan rambu-rambu dan arahan petugas di lapangan. Pastikan kecukupan saldo uang elektronik dan BBM sebelum memasuki jalan tol agar perjalanan lebih nyaman,” pungkasnya.

Contra flow diberlakukan untuk urai kemacetan. (Igman Ibrahim/ JawaPos.com)

Berdasarkan informasi yang diterima pada pukul 04.45 WIB, lalu lintas jalan tol Japek mulai ada kepadatan disekitar Cibitung sampai dengan Cikarang Barat. Lalu kepadatan kembali terlihat disekitar Cibatu sampai dengan rest area KM 39.

Kepadatan mulai pagi ini masih banyak didominasi karena rest area di sepanjang ruas tol tersebut. Bisa jadi dikarenakan waktu ini telah memasuki waktu sahur untuk umat muslim. Itu terbukti selain Rest Area KM 39, kepadatan juga terjadi di rest area KM 50 dan KM 57 yang terletak di Karawang Timur.

Selain rest area tersebut, antrian kendaraan juga mulai terlihat di Cikampek Utama dan sekitar Cikopo. Ahmad mengatakan, Jasa Marga saat ini masih terus melakukan pengaturan disepanjang Jalan Tol Jakarta- Cikampek. Khususnya untuk rest area yang menjadi biang kemacetan.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Igman Ibrahim

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads