alexametrics

Jokowi Sebut Prabowo Terlalu Khawatir Indonesia Dikuasai Asing

30 Maret 2019, 23:42:10 WIB

JawaPos.com – Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) menganggap calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto terlalu khawatir Indonesia akan dikuasai asing. Hal itu disampaikan Jokowi pada debat capres keempat di Hotel Shangri-La pada Sabtu (30/3).

Sebelumnya Prabowo mengatakan, pemerintahan Jokowi mengizinkan asing untuk mengoperasikan bandara ataupun pelabuhan. Sebab, menurutnya jika ada suatu hal yang tidak cocok pihak asing bisa menutup kontrol itu.

“Saya melihat Pak Prabowo sangat khawatir. Sebenarnya negara lain juga melakukan hal itu karena anggaran kita yang terbatas tentu saja kita mengundang investasi di Indonesia. Namun dalam hal menyangkut kedaulatan, tidak akan kita berikan satu sentimeter pun kedaulatan kita kepada negara lain,” kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, dalam hal radar udara, radar maritim, ataupun pembangunan alutsista Indonesia harus berhati-hati. Pengelolaan bandara dan juga pelabuhan ada di tangan dalam negeri.

“Hal yang penting pengelolaan itu ada  kita di dalamnya. Manajemen kita ada di dalam, manajemen juga kita yang mengendalikan. Kita berpatner, buat kami tak ada masalah,” ujar Jokowi.

Prabowo tak terima jika dikelola oleh asing maupun swasta. Sementara itu, Jokowi mengatakan, segalanya masih dikelola oleh dalam negeri. Mayoritas masih dikelola oleh pelindo, badnara masih dikelola angkasa pura.

“Kalau transfer of knowledge, technology, management, system, kenapa tidak? kita berpatner dengan perusahaan yang memiliki kemampuan lebih baik. Bukan bandara yang strategis,” tutupnya.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : Verryana Novita Ningrum

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Jokowi Sebut Prabowo Terlalu Khawatir Indonesia Dikuasai Asing