alexametrics

Menko PMK: Vaksinasi Anak Jalan, PTM Terbatas Tetap Lanjut

29 Desember 2021, 21:03:24 WIB

JawaPos.com – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy menyampaikan bahwa pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas harus dilakukan. Meski varian Omicron sudah menyebar di Indonesia.

Bahkan, Muhadjir menyebut meski target 26,5 juta vaksinasi anak belum tercapai, PTM terbatas harus tetap berjalan. Pelaksanaan PTM ini sejalan dengan pemerintah yang mendorong vaksinasi untuk anak.

“Enggak apa-apa kan. Kan sambil jalan. Sekarang target kita kan dari 26,5 juta, mungkin awal tahun nanti bisa 10 sampai 15 juta (vaksinasi anak),” tutur Muhadjir di kantornya, Jakarta, Rabu (29/12).

Ia meyakini bahwa vaksinasi anak dapat berjalan dengan cepat. Mengingat vaksinasi anak ini juga bisa dilakukan di sekolah, bekerja sama dengan Puskesmas setempat.

“Cepat aja, kalau anak ini kan kalau vaksinnya ada ya anaknya ada di sekolah, datang ke sekolah aja. Contohnya, kemaren saya berkunjung ke Bekasi, itu kerjasama antara Puskesmas dan sekolah akan baik,” sebutnya.

Muhadjir menegaskan dalam pelaksanaan program vaksinasi anak, orang tua juga ikut dilibatkan. Kerja sama sekolah dan orang tua dibutuhkan untuk mempermudah koordinasi vaksinasi anak.

“Selama ini sudah, kita libatkan sekolah, orang tua diminta dampingi (anak) dan harus ada persetujuan kan dari orang tua. Orang tua harus tanda tangan kalau dia setuju anaknya divaksin,” pungkas Muhadjir.

Editor : Edy Pramana

Reporter : ARM, Saifan Zaking

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads