alexametrics

Firli Bahuri Klaim Tak Tebang Pilih Berantas Korupsi

29 Desember 2021, 19:27:42 WIB

JawaPos.com – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mengklaim, pihaknya tetapberkomitmen dalam melaksanakan tugas pemberantasan korupsi. Menurut Firli, sesungguhnya tidak pernah negara bisa mewujudkan tujuannya kalau korupsi belum bisa tertangani.

Hal ini disampaikan Firli dalam Konferensi Pers Kinerja KPK 2021. “Karena itu, dalam Hari Antikorupsi Sedunia yang lalu tanggal 9 Desember 2021, memperkenalkan orkestrasi pemberantasan korupsi, di mana setiap kamar-kamar kekuasaan harus mengambil peran dalam rangka pemberantasan korupsi,” kata Firli di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (29/12).

Firli menegaskan, DPR dibawah kewenangan legislatif pun harus bebas dari korupsi. Selain itu, pada tingkat eksekutif dalam penyusunan pengesahan anggaran belanja negara dan implementasi serta pengesahan maupun dalam pengawasannya juga harus bebas dari korupsi.

“Kamar yudikatif, seluruh proses-proses peradilan harus bebas dan bersih dari korupsi. Begitu juga dengan kamar-kamar kekuasaan di partai politik juga harus bebas dan bersih dari korupsi,” papar Firli.

Mantan Kapolda Sumatera Selatan itu menjelaskan, praktik korupsi bisa diselesaikan jika seluruh elemen kekuasaan mengambil bagian. Karena itu, Firli mengutarakan perlu pengawasan masyarakat dalam upaya pemberantasan korupsi. “Kita sungguh berharap, masyarakat akan tetap memberikan dukungan, dan KPK tidak akan pernah lelah untuk memberantas korupsi,” papar Firli.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron menyampaikan, pijaknya mendapatkan lima penghargaan sepanjang 2021. Penghargaan pertama yang diterima KPK di tahun 2021, yakni opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Muhammad Ridwan

Saksikan video menarik berikut ini: