alexametrics

Diguncang Gempa 7,1 SR, Warga Berhamburan Selamat Diri

29 Desember 2018, 13:24:40 WIB

JawaPos.com – Gempa dengan magnitudo 7,1 baru saja mengguncang wilayah Sulawesi Utara hingga Filipina. Akibatnya goncangan pun dirasakan di sejumlah wilayah.

Gempa terasa kuat di Kabupaten Kepulauan Sangihe selama 6 detik. Di Kepulauan Talaud, gempa dirasakan sedang selama 4-5 detik. Sedangkan di Kota Manado, guncangan gempa dirasakan lemah selama 2 detik.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, akibat guncangan gempa yang besar, warga di Kepulauan Sangihe sempat berhamburan keluar rumah. Dan mencari tempat aman untuk berlindung.

“Masyarakat merespon keluar rumah dengan segera mencari tempat yang aman,” ujar Sutopo dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (29/12).

Lebih lanjut, Sutopo menerangkan sampai saat ini belum ada laporan korban jiwa maupun kerusakan bangunan. Sampai dengan sekarang, BPBD masih melakukan pendataan di wilayah tersebut.

“Belum ada laporan korban jiwa dan kerusakan bangunan akibat gempa. BPBD masih melakukan pendataan,” jelasnya.

Di sisi lain, Sutopo juga menegaskan bahwa BMKG tidak mengeluarkan peringatan dini tsunami. Sehingga masyarakat tidak perlu panik.

“Masyarakat dihimbau tetap tenang. Tidak terpancing isu-isu menyesatkan. Di Indonesia, lembaga rujukan resmi terkait peringatan dini tsunami adalah BMKG. Oleh karena itu gunakan semua informasi dari BMKG,” pungkasnya.

Editor : Kuswandi

Reporter : (sat/JPC)

Diguncang Gempa 7,1 SR, Warga Berhamburan Selamat Diri