alexametrics

Hujan Lebat Diprakirakan Turun di Sejumlah Kota Besar

29 November 2021, 06:57:54 WIB

JawaPos.com–Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan pada Senin (29/11) hujan lebat yang dapat disertai petir turun di sejumlah kota besar di Indonesia.

Menurut prakiraan cuaca BMKG, hujan lebat yang dapat disertai petir berpotensi turun di Kota Gorontalo, Banjarmasin, Ambon, Mataram, Kupang, dan Manado. Sementara itu, Kota Banda Aceh, Bengkulu, Bandung, Bandar Lampung, Makassar, dan Mamuju diprakirakan mengalami hujan dengan intensitas sedang.

Sementara Kota Serang, Jogjakarta, Jakarta Pusat, Palangka Raya, Tarakan, Pangkal Pinang, Ternate, dan Manokwari diprakirakan menghadapi hujan dengan intensitas ringan.

​​​​​​​BMKG memprakirakan cuaca Kota Surabaya, Samarinda, Jayapura, Kendari, dan Palembang berawan serta ​​​​​​​Kota Denpasar, Jambi, Pontianak, Tanjung Pinang, Pekanbaru, Padang, dan Medan cerah berawan.

Menurut prakiraan BMKG, suhu udara di kota-kota besar di Indonesia berkisar 20 sampai 33 derajat Celsius dan kelembapan antara 60 dan 100 persen.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi hujan yang dapat disertai petir dan angin akan terjadi di DKI Jakarta dan sejumlah wilayah sekitar ibu kota pada Senin (29/11).

Dalam pengumuman yang dikeluarkan melalui laman resmi BMKG seperti dilansir dari Antara, intensitas hujan berada dalam rentang intensitas sedang hingga sangat lebat turut meliputi Kota dan Kabupaten Bogor, serta Kota Depok.

Secara rinci diumumkan bahwa cuaca kurang bersahabat akan melingkupi seluruh wilayah DKI Jakarta namun dengan intensitas yang berbeda. Di Kabupaten Kepulauan Seribu, intensitas hujan antara ringan dan sedang terjadi pada siang hingga malam, dengan suhu 26–29 Celcius.

Jakarta Barat dan Selatan diprakirakan akan mengalami dampak terlama dengan mengalami hujan sangat lebat sejak siang hingga malam, dengan suhu antara 23 dan 30 derajat.

Di Jakarta Utara, Jakarta Pusat, dan Jakarta Timur, intensitas hujan ringan dan sedang pada siang hari dan baru mengalami hujan lebat pada malam hari. Di Kota Bogor dan Kota Depok, hujan akan diprediksi hujan sedang pada siang dan menjadi ringan pada malam hari. Kabupaten Bogor akan mengalami hujan sangat lebat pada siang dan baru mereda pada malam hari.

Sebelumnya, BMKG Stasiun Geofisika Bandung menyatakan, ada 13 wilayah kabupaten dan kota di Jawa Barat yang rawan dan berstatus waspada banjir hingga banjir bandang saat turun hujan akhir November.

Kepala BMKG Bandung Teguh Rahayu mengatakan, potensi banjir tersebut berdasar prakiraan cuaca berbasis dampak atau Impact-Based Forecast (IBF) dengan memperhitungkan potensi dampak yang akan terjadi akibat dari cuaca.

”Analisis dari kondisi atmosferik global hingga lokal menunjukkan adanya aktivitas pertumbuhan awan konvektif di wilayah Jawa Barat pada umumnya. Sehingga kejadian hujan di wilayah Jawa Barat mulai meningkat,” kata Rahayu seperti dilansir dari Antara.

Adapun 13 wilayah itu yakni, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten Sukabumi, Kota Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon, Kabupaten Kuningan, dan Kabupaten Indramayu.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads