alexametrics

Akali Ujian CPNS dengan Remote Access, 225 Peserta Didiskualifikasi

29 November 2021, 14:33:21 WIB

JawaPos.com – Modus kecurangan dalam tes CPNS semakin canggih. Yang terbaru, peserta memanfaatkan teknologi remote access.

Sebanyak 225 peserta dinyatakan gugur. Mereka didiskualifikasi lantaran menggunakan modus tersebut. Praktik kecurangan itu juga melibatkan pejabat Pemerintah Kabupaten Buol.

Melalui teknologi remote access, orang lain bisa membantu peserta ujian dari jarak jauh. Sebab, komputer yang dipegang oleh peserta bisa dipantau orang lain dari lokasi berbeda. Orang yang membantu mengerjakan soal ujian cukup mudah mencari jawaban yang benar. Kemudian, peserta tinggal duduk dan menerima salinan jawaban.

Pakar telematika Roy Suryo prihatin dengan semakin canggihnya modus kecurangan CPNS tersebut. Dia mengatakan, modus remote access hanya bisa dilakukan dengan membenamkan aplikasi tertentu di komputer atau gadget yang digunakan untuk ujian.

”Ruang ujian sampai unit komputer atau gadget untuk ujian harus steril. Khususnya steril dari aplikasi-aplikasi remote access,” katanya kemarin (28/11). Roy mengaku tidak habis pikir ada orang yang bisa sampai menginstal aplikasi tersebut. Dia khawatir adanya keterlibatan panitia atau orang dalam di daerah setempat.

Mantan Menpora itu menjelaskan, aplikasi remote access saat ini cukup banyak dan sangat mudah digunakan. Di antaranya, GetScreen.me, RutServ, TeamViewer, AnyDesk, Zoho Assist, dan lainnya. Roy menjelaskan, ketika sebuah komputer sudah dipasangi aplikasi tersebut, komputer lain bisa menampilkan halaman serupa.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : wan/c6/oni

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads