alexametrics

Lewat Facebook, Jokowi Bicara Maulid Nabi Muhammad SAW

29 Oktober 2020, 12:05:21 WIB

JawaPos.com – Setiap tahunnya, tepat 12 Rabiul Awal atau 29 Oktober masyarakat di seluruh dunia memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengimbau, agar momentum tersebut untuk mengingat perjuangan ‎Rosulullah.

“Kita memperingati maulid Nabi Muhammad SAW pada hari ini dengan menyampaikan selawat kepadanya, seraya mengingat beratnya perjuangan beliau dalam membawa kebenaran, tuntunan, dan teladan bagi umat manusia,” ujar Jokowi dalam akun Facerbook miliknya, Kamis (29/10).

“Tuntunan dan keteladanan baginda Nabi SAW itu memandu kita dalam membangun Indonesia yang maju,” kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Diketahui‎, Maulid Nabi Muhammad adalah peringatan hari lahir Nabi Muhammad yang di Indonesia perayaannya jatuh pada setiap tanggal 12 Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriyah.

Kata maulid atau milad dalam bahasa Arab berarti hari lahir. Perayaan Maulid Nabi merupakan tradisi yang berkembang di masyarakat Islam jauh setelah Nabi Muhammad wafat. Secara subtansi, peringatan ini adalah ekspresi kegembiraan dan penghormatan kepada Nabi Muhammad.

Masyarakat Muslim di Indonesia umumnya menyambut Maulid Nabi dengan mengadakan perayaan-perayaan keagamaan seperti pembacaan shalawat nabi, pembacaan syair Barzanji dan pengajian.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Gunawan Wibisono



Close Ads