alexametrics

Tim SAR Kantongi Lokasi Blackbox Lion Air JT-610

29 Oktober 2018, 14:51:55 WIB

JawaPos.com – Proses evakuasi pesawat Lion Air JT-610 yang jatuh di perairan Tanjung Karawang terus dilakukan. Sejumlah tim gabungan telah diterjunkan untuk melakukan penyelaman.

Kepala Deputi Operasi Basarnas, Brigjen TNI Budi Nugroho Wiryanto mengatakan sampai saat ini kotak hitam atau blackbox pesawat belum juga ditemukan. Namun kabar baiknya, lokasinya telah terdeteksi.

“Sampai saat ini belum ditemukan untuk blackbox-nya. Tetapi dari alat kita sudah memonitor lokasinya,” ujar Budi di kantor Basarnas Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (28/10).

Tim SAR Kantongi Lokasi Blackbox Lion Air JT-610
Infografis pesawat Lion Air Jatuh (Kokoh Praba)

Selain blackbox, sejumlah komponen pesawat lainnya juga belum diketemukan. Di antaranya body pesawat. “Sampai saat ini belum kita dapatkan main body-nya (pesawat, Red),” imbuh Budi.

Sejauh ini baru benda-benda kecil yang ditemukan petugas. Seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan sejenisnya. Benda-benda tersebut mengapung di atas permukaan laut di area jatuhnya pesawat.

“Yang di permukaan sudah kita dapankan beberapa KTP, Paspor, SIM, KTA, kartu BPJS, maupun buku tabungan,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kabar naas kembali tersiar dari dunia penerbangan Indonesia. Pesawat Lion Air JT-610 tujuan Cengkareng-Pangkal Pinang jatuh saat masih berada di daerah Jawa Barat. Kasubag Humas Badan SAR Nasional (Basarnas), Yusuf Latif telah membenarkan kabar tersebut.

“Sudah A1 (pesawat jatuh, Red),” ujar Yusuf kepada JawaPos.com, Senin (29/10).

Yusuf menjelaskan, pesawat jatuh di sekitar Tanjung Karawang, Jawa Barat. Belum diketahui pasti penyebab jatuhnya pesawat ini.

“Kordinatnya di Tanjung Karawang. Nanti yah lengkapnya,” pungkasnya.

Editor : Imam Solehudin

Reporter : (sat/JPC)

Copy Editor :

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Tim SAR Kantongi Lokasi Blackbox Lion Air JT-610