alexametrics
Lion Air JT 610 Jatuh

Setelah Terlihat Oleng, Ledakan Besar Terdengar Disertai Kepul Asap

29 Oktober 2018, 18:36:42 WIB

JawaPos.com – Pesawat Boeing 737-8 Max milik Maskapai Lion Air dengan nomor penerbangan JT 610 jatuh di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat. Pesawat yang memiliki rute Bandar Udara Soekarno Hatta menuju Bandar Udara Depati Amir Pangkal Pinang itu mengangkut 181 penumpang itu hilang kontak pada Senin (29/10) pagi. 

Insiden naas itu disaksikan langsung oleh Samin. Nelayan yang saat itu sedang ada di laut saat mencari ikan. Pria 53 tahun itu mengakui melihat langsung saat pesawat hendak jatuh. Disebutkannya kejadian itu terjadi sekitar pada pukul 07.00 WIB.

“Pas (pesawat) oleng saya lihat. Pas jatuhnya enggak lihat. Kalau ledakan memang mendengar sama ada gumpalan asap tebal,” ujar Samin kepada JawaPos.com di Pantai Tanjung Pakis, Karawang, Jawa Barat, Senin (29/10).

Pria asli Tanjung Pakis, Karawang ini menyebut insiden kejadian pesawat jatuh jauh dari lokasi pengeboran milik Pertamina Hulu Energi (PHE) ONWJ. “Lumayan Jauh (lokasi kejadiannya),” tuturnya.

Hal senada juga diungkapkan Dadang, warga yang sehari-harinya berjualan di Pantai Pakis ini juga mendengar suara ledakan saat pesawat terjatuh. Hanya saja dirinya tidak begitu jelas melihat asap yang keluar dari pesawat tersebut. 

“Pas kejadian saya dengan suara duarr. Kaya ledakan. Saya pikir itu suara petir karena mendung. Kalau asapnya nggak begitu keliatan,” tandas pria 53 tahun itu.

Hingga saat ini, petugas gabungan dari Basarnas, SAR, TNI dan Polri tengah melakukan pencarian. Sejumlah keluarga korban juga terus berdatangan ke lokasi kejadian. Mereka meminta kepastian soal keluarganya yang akan dievakuasi.

Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana mengatakan, untuk korban yang saat ini sudah ditemukan akan langsung dilarikan ke posko di Tanjung Priok. Selanjutnya, korban akan langsung dibawa ke RS Polri di Kramat Jati, Jakarta Timur. 

“Untuk yang ditemukan saat ini langsung dilarikan ke Tanjung Priok sebagai posko pertama. Kemudian dilarikan ke RS Kramat Jati. Namun kita nggak bisa mengevakuasinya dalam satu hari,” ujarnya di Pantai Tanjung Pakis, Karawang, Jawa Barat, Senin (29/10).

Meski ada yang langsung dibawa ke Jakarta, Cellica juga menyebut kemungkinan adanya beberapa korban yang akan dievaluasi Posko DVI Polda Jabar yang berada di dekat lokasi kejadian. 

“Jadi nanti ketika ada nelayan kami atau warga kami yang menemukan jenazah korban maka akan dievakuasi di posko Tanjung Pakis ini yang kami akan larikan ke RS Polri,” tandasnya.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : (hap/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Setelah Terlihat Oleng, Ledakan Besar Terdengar Disertai Kepul Asap