alexametrics

Pencarian Pesawat Lion Air, Otoritas Bandara Juga Libatkan BMKG

29 Oktober 2018, 15:24:10 WIB

JawaPos.com – Kementerian Perhubungan dan Basarnas masih melakukan pencarian bangkai pesawat Lion Air JT-160 yang jatuh di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat. Berbagai upaya dan koordinasi terus dilakukan oleh berbagai pihak.

Kepala Otoritas Bandara Wilayah I Kelas Utama Bandara Soekarno Hatta, Bagus Sunjoyo mengatakan masih terus berkoordinasi dengan Basarnas untuk melanjutkan pencarian para korban. Karena kemungkinan masih ada korban yang berada di dalam pesawat berikut dengan kotak hitam. Dia mengatakan, sejauh ini tim Basarnas baru menemukan serpihan puing-puing yang diduga bagian dari badan pesawat.

Kendati demikian, Bagus belum bisa memastikan jika puing-puing yang ditemukan dengan jarak 2 nautical mile dari titik koordinat yang diberikan menara Air Traffic Control Bandara Soekarno-Hatta, belum dipastikan bagian dari puing-puing pesawat Lion Air JT-160.

Pencarian Pesawat Lion Air, Otoritas Bandara Juga Libatkan BMKG
infografis jatuhnya pesawat Lion Air (Kokoh Praba)

“Sejauh ini badan pesawat belum ditemukan. Tim masih melakukan pencarian, termasuk black box. Kami sudah berkoordinasi dengan Basarnas dan BMKG. Pencarian terus berlanjut,” ujarnya saat memberikan keterangan pers di Bandara Soetta, Senin (29/10).

Bagus menjelaskan, berdasarkan informasi pesawat Boeing 737 Lion Air JT-610 yang membawa 178 penumpang, termasuk 1 orang anak dan dua bayi tersebut take off dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada 06.20 WIB.

Dengan rute penerbangan, Jakarta – Pangkal Pinang. Sekitar pukul 06.33 WIB pesawat dipastikan pesawat tersebut sudah lost contact. Bagus menegaskan, kondisi pesawat Lion J-160 menuju Pangkal Pinang dalam kondisi layak terbang.

Kondisi pesawat kondisi terakhir layak terbang. Begitu juga dengan para kru pesawat kondisinya sehat dan layak terbang. Kendati demikian, pihak Kemenhub, Angkasa Pura dan Lion Air masih mendalami informasi penyebab jatuhnya pesawat masih didalami.

“Sementara ini kami masih mendalami penyebab jatuhnya pesawat, dan pencarian badan pesawat dan kotak hitam oleh Basarnas pun terus dilakukan. Sementara itu. Kita masih koordinasi,” kata Bagus.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : (wiw/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Pencarian Pesawat Lion Air, Otoritas Bandara Juga Libatkan BMKG