alexametrics

Pencarian Bangkai Pesawat Berlanjut Malam Ini dengan Alat Scan Sonar

29 Oktober 2018, 20:22:08 WIB

JawaPos.com – Pencarian titik jatuhnya pesawat Lion Air JT-610 di perairan Tanjung Pakis, Karawang, Jawa Barat akan terus dilakukan sepanjang malam ini. Kegiatan tersebut dilakukan oleh tim Basarnas atau Badan Nasional Pencarian dan Penyelamatan (BNPP).

“Ya, terus kita pemantauan di sana. Semua unsur yang ada di lokasi sampai dengan malam ini terus melakukan upaya pencarian,” ujar Kepala Basarnas Jawa Barat Deden Ridwansyah saat menggelar konferensi pers di Pantai Tanjung Pakis, Senin (29/10).

Basarnas melakukan pencarian bangkai pesawat dengan memanfaatkan kapal-kapal yang dilengkapi dengan alat scan sonar. “Hari ini mudah-mudahan sudah ada titik terang terkait hasil scan sonar yang menunjukkan posisi jatuhnya pesawat ada di air, sehingga kita memudahkan pencarian untuk penyelaman,” jelas dia.

Deden menerangkan, dengan demikian, baik pencarian korban maupun serpihan pesawat bisa dilakukan dengan maksimal dan fokus. Hal itu juga mempengaruhi waktu yang akan dihabiskan selama evakuasi. 

“Jadi kita tidak ngawur. Tidak mencari ke mana-mana tetapi fokus di situ. Sehingga korban yang menjadi penumpang dari pesawat tersebut kita evakuasi dengan cepat,” tuturnya.

Sementara itu, pencarian korban akan kembali dilangsungkan esok hari mengingat jarak pandang atau visibility yang semakin berkurang pada malam hari. Ratusan penyelam yang menyusuri dasar laut pada kedalaman 30-35 meter itu pun terpaksa dihentikan.

“Karena memang kalau siang saja visibility cukup pendek, apalagi malam sehingga penyelaman memang kita hentikan,” kata Deden. 

Editor : Kuswandi

Reporter : (yes/JPC)

Copy Editor :

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Pencarian Bangkai Pesawat Berlanjut Malam Ini dengan Alat Scan Sonar