alexametrics

Lion Air JT 610 yang Jatuh di Karawang Itu Boeing Terbaru di Indonesia

29 Oktober 2018, 11:00:21 WIB

JawaPos.com – Pesawat tipe B737-8 Max dengan nomor penerbangan JT 610 milik maskapai Lion Air yang terbang dari Bandar Udara Soekarno Hatta (CKG) menuju Bandar Udara Depati Amir Pangkal Pinang, dilaporkan hilang kontak pada Senin (29/10) pagi pukul 06.33 WIB. Pesawat tersebut juga dilaporkan jatuh di daerah Karawang, Jawa Barat.

Hasil penelusuran JawaPos.com, pesawat tersebut rupanya merupakan unit baru yang didatangkan pada Juli 2018 lalu. Pesawat dengan kode registrasi PK-LQJ itu merupakan unit Boeing 737 MAX-8 pertama di Indonesia.

Lion mendesain pesawat tersebut dengan 180 kursi dan keseluruhannya merupakan kelas ekonomi. Lantas seperti apa profil pesawat tersebut?

Lion Air JT 610 yang Jatuh di Karawang Itu Boeing Terbaru di Indonesia
infografis jatuhnya pesawat Lion Air (Kokoh Praba)

Boeing 737MAX 8 dibuat sebagai pesawat yang irit bahan bakar. Selain itu, kabin pesawat ini juga dibuat lebih senyap. Tujuanya agar para penumpang lebih nyaman. Daya jelajah dari pesawat ini juga terbilang baik baik, yakni terbang 3.500 mil laut atau 6.500 km.

Dari segi aerodinamika, B737 MAX 8 mengusung desain winglet terbaru, yang dijuluki Scimitar Winglet. Bentuk sayap itu nantinya akan berfungsi untuk memecah turbulensi udara yang terjadi di ujung sayap saat pesawat tengah dalam kecepatan tinggi. Hal itu juga akan meminimalisir drag yang terjadi.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : (hap/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Lion Air JT 610 yang Jatuh di Karawang Itu Boeing Terbaru di Indonesia