alexametrics
Gempa Donggala dan Palu

Wiranto Pastikan Logistik dan Santunan Siap Dikirim Ke Sulteng

29 September 2018, 10:42:58 WIB

JawaPos.com – Menteri Kordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Wiranto telah melakukan kordinasi dengan lembaga-lembaga terkait guna menanggulangi gempa bumi di Donggala, Sulawesi Tengah. Pasukan evakuasi dan bantuan logistik menjadi salah satu fokus utama pemerintah.

Wiranto menuturkan, Kementerian Sosial (Kemensos) dipastikan sudah siap dengan bantuan logistiknya. Hanya saja masih menunggu koordinasi dari tim di lokasi gempa untuk pengiriman bantuan tersebut.

“Kemensos sudah menyiapkan bahan makanan, paket sembako sudah disiapkan, santunan pun sudah disiapkan, tinggal nunggu instruksi dari hasil rapat koordinasi di sana (di Palu),” ujar Wiranto di Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat Jakarta Pusat, Sabtu (29/9).

Gempa Bumi Donggala dan Palu, Sulteng (Relawan For ACT)

Mantan Panglima TNI itu mengatakan jika masih ada kendala untuk pengiriman logistik. Dari laporan Menteri Perhubungan (Menhub) di bandar udara Mutiara Sis Aljufri di Palu, dari 2.500 meter jalur pesawat yang tersedia, sepanjang 500 meter mengalami retakan akibat gempa.

Situasi ini dianggap membahanyakan pesawat mendarat. Pagi ini rencananya Kemenhub akan kembali mengecek keamanan lintasan pesawat tersebut.

“Namun kita harapkan dengan sisa 2.000 meter itu masih bisa didarati Hercules atau CN 235. dari pesawat Hercules itu tentu kita harap bisa mempercepat bantuan personel, kesehatan, tenda velbag, makanan segera bisa kita datangkan di tempat bencana,” sambung Wiranto.

“Besok pagi akan dilakukan pengecekan terakhir oleh Kemenhub dengan mengirim satu unit Helikopter dari Makassar menuju Palu dan membawa alat navigasi sekalian untuk kemudian digunakan menghandle pesawat yang bawa bantuan logistik,” tandasnya.

Editor : Kuswandi

Reporter : (sat/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Wiranto Pastikan Logistik dan Santunan Siap Dikirim Ke Sulteng