alexametrics

5 Gardu Induk Listrik di Palu Rusak, Wiranto Siagakan Genset Raksasa

29 September 2018, 11:22:12 WIB

JawaPos.com – Sejumlah masalah mulai muncul pasca gempa yang mengguncang Donggala, Sulawesi Tengah. Salah satunya yakni listrik yang mengaliri wilayah tersebut padam.

Menteri Kordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Wiranto yang ditunjuk sebagai ketua penanggulangan bencana Donggala mengatakan sejumlah gardu listrik mengalami gangguan.

Dari 7 gardu induk, hanya 2 yang baru bisa diaktifkan kembali. 5 gardu lain masih dalam penanganan petugas untuk dicek keamanannya.

Gempa Bumi Donggala dan Palu, Sulteng (Relawan For ACT)

“Dilaporkan juga, PLN akan pulihkan 7 gardu induk yang padam, tapi malam ini baru dua yang bisa dihidupkan, ada lima lagi yang berisiko untuk dinyalakan,” ujar Wiranto di Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Sabtu (29/9).

Sementara itu jika 5 gardu ini masih terkendala untuk dinyalakan kembali, maka Wiranto telah menyiapkan skenario lain. Mantan Panglima TNI itu akan memerintahkan agar didatangkan genset raksasa untuk menghidupkan listrik di Donggala.

“Kalau belum bisa juga ada langkah darurat, yakni genset raksasa untuk Palu dan sekitarnya,” jelasnya.

Di sisi lain, Wiranto memastikan pemerintahan secara keseluruhan telah siap melakukan penanggulangan bencana Donggala. Berbagai skenario darurat sudah disiagakan.

“Secara detail kita sudah punya rencana dari lembaga terkait, pemerintah pusat sangat cepat menghadapi berbagai rencana yang kita alami saat ini,” tukasnya.

Editor : Kuswandi

Reporter : (sat/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
5 Gardu Induk Listrik di Palu Rusak, Wiranto Siagakan Genset Raksasa