JawaPos Radar

Fokus Pembangunan Manusia, Jokowi Naikkan Dana Desa

29/08/2018, 14:25 WIB | Editor: Ilham Safutra
Fokus Pembangunan Manusia, Jokowi Naikkan Dana Desa
Presiden Joko Widodo didampingi Gubernur DI Jogjakarta Sri Sultan Hemangkubowono X saat di Sleman. (Folly Akbar/Jawa Pos)
Share this

JawaPos.com - Presiden Joko Widodo memastikan program dana desa akan terus berlanjut. Selain untuk pembangunan infrastruktur, dana desa juga akan dimaksimalkan untuk peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

Jokowi mengatakan, di tahun-tahun awal program dana desa dilaksanakan, pemerintah memang fokus untuk menuntaskan infrastruktur desa. Baik berupa jalan desa, irigasi, sanitasi hingga embung-embung penampungan air.

Jokowi menilai, meski terlihat sepele, infrastruktur dasar tersebut sangat krusial bagi pembangunan di desa. "Sudah puluhan tahun tidak diselesaikan persoalan kecil tapi fundamental di desa untuk menaikkan produksi dan produktifitas desa," ujarnya saat memantau pelaksanaan program Dana Desa di Desa Sendangtirto, Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman.

Jika persoalan infrastruktur sudah dilakukan, fokus selanjutnya adalah pembangunan manusia. Nantinya, dana desa bisa digunakan untuk program yang bisa meningkatkan pendapatan masyarakat desa.

"Pengembangan ekonomi di desa akan lebih digedekan," imbuhnya. Untuk memaksimal program tersebut, mantan Walikota Solo itu juga memastikan bahwa besarannya akan dinaikkan.

Berdasarkan nota keuangan yang disampaikan ke DPR pertengahan Agustus lalu, anggaran dana desa naik dari Rp 60 triliun pada 2018 menjadi Rp 73 triliun untuk 2019.

(jpk/far/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up