alexametrics

One Way di Tol Dihentikan, KM47-70 Hanya Contraflow

29 April 2022, 13:14:47 WIB

JawaPos.com – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri memutuskan memundurkan titik one way atau satu arah menjadi dari Gerbang Tol Cikampek Utama KM70. Sementara itu, dari KM47 menuju KM70 hanya diberlakukan contraflow.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan mengatakan, kebijakan ini dibuat karena terjadi kepadatan kendaraan dari arah Bandung menuju Jakarta usai one way diterapkan sampai dengan pagi hari. Sehingga kendaraan dari arah Bandung menuju Jakarta sekarang sudah bisa melintas kembali di tol.

“Contraflow itu diberlakukan dari KM47 sampai 70. Tapi dari KM 70 sampai km 414 itu diberlakukan one way sepenuhnya,” kata Ramadhan kepada wartawan, Jumat (29/4).

Penerapan sistem ini bersifat situasional. Sistem akan dihentikan atau diubah sesuai dengan perkembangan kondisi volume lalu lintas.

“Jadi contraflownya yang jalur B dari Jakarta menuju Timur dia satu ruas,” jelas Ramadhan.

Sementara petugas tidak mengubah rekayasa lalu lintas dari arah Jakarta sebelum KM47. “(Sebelum KM47) diberlakukan biasa. Tidak ada perubahan, ini kan perubahannya dari KM47 sampai 414,” pungkas Ramadhan.

Sebelumnya, Korlantas Polri masih melanjutkan rekayasa lalu lintas di ruas tol selama arus mudik Hari Raya Idul Fitri 2022. Kebijakan ini dibuat mengingat masih tingginya arus kendaraan mudik.

Sistem one way atau satu arah yang sejatinya berakhir pada pukul 24.00 WIB juga diputuskan diperpanjang. Namun, saat ini one way tengah diusapayakan dimulai dari Gerbang Tol Cikampek Utama atau KM70, dari sebelumnya dimulai KM47.

“Iya (dimundurkan),” ujar Kabag Ops Polri, Kombes Pol Eddy Djunaedi kepada wartawan, Jumat (29/4).

Sementara itu, Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menambahkan, dengan adanya pemunduran pintu masuk one way maka arus lalu lintas dari Bandung menuju Jakarta bisa di normalkan. Sehingga kendaraan bisa melewati jalan tol kembali.

“Saat ini sedang proses pemunduran pintu masuk one way, dari KM 47 ke gerbang Tol Cikatama. Dari gerbang Tol Cikampek utama ke gerbang Tol Kalikangkung masih one way,” kata Sambodo.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Sabik Aji Taufan

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads