alexametrics

Kemenkes Diminta Hindari Vaksin Covid-19 Kadaluarsa dan Lebih Selektif

29 April 2022, 14:38:43 WIB

JawaPos.com – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) diminta untuk memperhatikan masa kadaluarsa vaksin. Sebab, dalam rapat terakhir DPR RI dengan Kemenkes, Biofarma, dan BPOM minggu lalu, dilaporkan adanya vaksin yang sudah kadaluarsa.

“Jumlahnya mencapai 19,3 juta dosis vaksin. Tidak hanya itu, diperkirakan bahwa pada bulan April dan awal Mei, vaksin kadaluarsa bisa mencapai 50 juta dosis, bahkan lebih,” kata Anggota Komisi IX DPR Saleh Partaonan Daulay, Jumat (29/4).

Saleh merasa aneh, lantaran vaksin kadaluarsa itu diperiksa kembali oleh BPOM, dan diperpanjang masa waktu berlakunya. Padahal vaksin itu sudah kadaluarsa, namun ada yang diperpanjang dan diperbolehkan untuk disuntikkan lagi.

“Teman-teman Komisi IX banyak yang mempertanyakan. Kalau memang bisa diperpanjang, mengapa ada masa kadaluarsa. Dengan perpanjangan itu, definisi kadaluarsa (expired date) menjadi kabur dan tidak jelas?” ujarnya.

Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN) ini meminta Kemenkes untuk tegas menghindari penggunaan vaksin yang sudah kadaluarsa. Ia juga meminta jajaran anak buah Menkes Budi Gunadi Sadikin untuk memastikan bahwa vaksin yang diberikan ke masyarakat adalah vaksin terbaik dan sesuai ketentuan.

“Dalam logika awam, bagaimana pun vaksin kadaluarsa pastilah memiliki resiko tertentu,” ucap Saleh.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Muhammad Ridwan

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads