alexametrics

Bintang Puspayoga Ajak Masyarakat Kawal Implementasi UU TPKS

29 April 2022, 13:05:11 WIB

JawaPos.com – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga mengatakan, pemerintah akan terus berproses dan berupaya untuk memberikan perlindungan yang maksimal kepada seluruh masyarakat Indonesia. Salah satunya, ditunjukkan dengan disahkannya Undang-undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (UU TPKS) pada 12 April 2022 lalu.

Bintang berharap masyarakat dapat turut serta untuk mengawal implementasi dari UU TPKS ini. Sebab, mengesahkan UU tidak cukup untuk memutus mata rantai kekerasan seksual.

“Maka, menjadi tugas kita semua untuk mengawal implementasi dari undang-undang ini, untuk memastikan korban kekerasan seksual mendapatkan perlindungan dan layanan yang komprehensif, serta pelaku mendapatkan hukuman yang berat untuk menimbulkan efek jera. Sehingga, mata rantai kekerasan seksual dapat terputus,” ujar Bintang kepada wartawan, Jumat (28/4).

Bintang menambahkan, KemenPPPA sebagai leading sector UU TPKS dari pihak pemerintah akan mengawal dengan sungguh-sungguh peraturan turunannya. Yaitu melalui Peraturan Presiden (Perpres), maupun melalui Peraturan Pemerintah (PP). Sosialisasi dan koordinasi yang intens juga akan dilakukan dengan kementerian/lembaga terkait.

Bintang berharap hadirnya UU TPKS dapat mengisi kekosongan dan pembaruan hukum yang bertujuan untuk mencegah segala bentuk kekerasan seksual, menangani, melindungi, dan memulihkan korban, menindak pelaku, serta mewujudkan lingkungan yang bebas kekerasan seksual. Sehingga masyarakat dapat merasa aman untuk berani melapor ketika mengalami atau melihat kasus kekerasan seksual.

“Penurunan kekerasan terhadap perempuan dan anak, menjadi salah satu isu prioritas yang diamanatkan oleh Presiden terkait pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak hingga tahun 2024,” tegasnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Sabik Aji Taufan

Saksikan video menarik berikut ini: