alexametrics

Pemerintah Perlu Jelaskan yang Indonesia Lakukan Soal Virus Korona

29 Februari 2020, 11:38:20 WIB

JawaPos.com – Wakil Ketua Komisi I DPR, Teuku Riefky Harsya meminta Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi untuk segera memfasilitasi Menkes RI agar segera bertemu dengan seluruh duta besar negara sahabat. Hal itu untuk menjelaskan tentang protokol yang sudah dilakukan Indonesia dalam penanganan kasus virus Korona.

“Itu penting dilakukan agar kekhawatiran negara lain terhadap penanganan virus Korona di Indonesia bisa mendapatkan penjelasan yang komprehensif,” ujar Riefky kepada wartawan, Sabtu (29/2).

Menurut Riefky langkah diplomasi ini penting dilakukan untuk menghindari dikeluarkannya kebijakan pemerintah negara lain yang dapat merugikan Indonesia. Bahkan, bisa menganggu kestabilan ekonomi, sosial dan politik Indonesia.

Sehingga, kebijakan seperti yang dilakukan oleh pemerintah Arab Saudi terhadap penundaan jamaah umrah Indonesia maupun larangan wisatawan mancanegara mengunjungi Indonesia dapat diantisipasi lebih dini. “Jadi ini bisa diantisipasi lebih dini,” ungkpanya.

Diketahui Kementerian Luar Negeri Arab Saudi mengumumkan untuk menghentikan sementara visa umrah di tengah merebaknya wabah virus Korona. Aturan penangguhan ini membuat peziarah tidak bisa mengunjungi Masjid Nabawi, Madinah dan Masjid al Haram, Mekkah untuk sementara waktu.

Penangguhan visa umrah ini juga berlaku bagi pengunjung yang berasal dari negara-negara yang termasuk dalam daftar ‘berbahaya’ penyebar Virus Korona. Sementara itu, penyebaran virus corona hingga kini telah menyebar hingga ke Timur Tengah dan Eropa.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Gunawan Wibisono



Close Ads