alexametrics

Sosok Ciputra di Mata Karyawan: Beliau sangat Perhatian

Tiap Tahun Wajib Medical Check Up
28 November 2019, 10:02:24 WIB

JawaPos.com – Kepergian sosok Ciputra benar-benar membuat banyak pihak terpukul. Beberapa orang dekat almarhum pun merasakan duka. Maklum, sosok pak Ci, begitu Ciputra akrab disapa, merupakan seorang yang dikenal perhatian dan banyak menginspirasi sekelilingnya.

Hal itu diungkap oleh Priono, salah satu sopir keluarga besar Ciputra. Bagi pria paruh baya tersebut, sosok Pak Ci meninggalkan kesan mendalam untuknya. “Bapak itu baik sekali, perhatian sama karyawan. Karyawan semua nggak boleh sakit, nggak boleh telat makan. (Kami) selalu ada medical check up setiap tahun,” ujarnya kepada Jawa Pos ketika ditemui di Ciputra Artpreneur, Rabu (27/11) malam.

Pria yang telah mengabdi sebagai sopir keluarga selama 10 tahun itu menyebut bahwa Pak Ci selalu sigap jika ada karyawannya yang sakit. “Langsung disuruh periksa ke rumah sakit,” imbuh dia yang juga merupakan sopir pribadi Rina Ciputra Sastrawinata, anak sulung pak Ci.

Begitu mendengar kepergian atasannya, Priono mengaku kaget dan sedih. Namun, sosok Pak Ci akan selalu dikenang oleh Priono. “Sedih sekali saya. Bapak orang baik,” kata dia.

Integritas yang kuat dari Ciputra menjadi magnet kuat bagi para karyawan. Hal itu bukannya tanpa alasan, Pak Ci pernah menyebut bahwa seorang pengusaha sukses menerapkan tiga prinsip yang disebut IPE (integritas, profesionalisme, dan entrepreneur).

Prinsip itu juga diterapkan dalam menjalankan bisnis di Grup Ciputra.

Hal itu dibenarkan salah satu karyawannya, yakni Susi Angela yang menjabat sebagai General Manager Marketing and Business Development di Ciputra Group. “Pak Ci itu sosok yang luar biasa. Menanamkan nilai yang luar biasa, kejujuran, integritas, bekerja maksimal, mempunyai jiwa inovatif. Itu ditanamkan pak Ci ke semua karyawannya,” tuturnya kepada Jawa Pos.

Susi menuturkan, sebelum kepergiannya, pak Ci memang belakangan diketahui sakit. Kepergian nakhoda Ciputra Grup itu sangat membuatnya terpukul. “Kita semua akan dipanggil Tuhan. Tapi saya ingat betul Pak Ci seorang yang humble dan mengajarkan kita bagaimana harus bersikap pada orang. Nggak hanya Pak Ci, keluarga besarnya juga,” jelasnya.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : Dinda Juwita


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads