alexametrics

Menlu: Pak Ci Sukses Karena Passion Wirausaha yang Tinggi

28 November 2019, 17:49:30 WIB

JawaPos.com – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi turut berbelasungkawa atas berpulangnya pengusaha kenamaan Indonesia Tjie Tjin Hoan atau Ciputra. Retno punya kesan sendiri terhadap pendiri Ciputra Grup yang akrab disapa Pak Ci tersebut.

“Yang teringat tentunya adalah jiwa entrepreneurship dari beliau. Kita kehilangan tokoh entrepreneurship sekaligus sosok yang mencintai seni dan kehidupan,” ungkap Retno saat melayat di Ciputra Artpreneur, Jakarta, Kamis (28/11).

Retno menyebutkan bahwa Ciputra berhasil meraih kesuksesan karena memiliki passion berwirausaha yang tinggi. “Passion itulah yang ingin dia bagikan. Tidak saja di Indonesia, tapi beliau juga berbagi di ASEAN,” katanya.

Retno menceritakan, awal pertemuan dirinya dengan almarhum adalah ketika Retno bekerjasama dengan Ciputra dalam pemantauan bisnisnya di luar negeri. Selain itu, ia juga pernah bekerja bersama Ciputra dalam pengembangan usaha kecil menengah (UKM) di kawasan ASEAN.

“Ciputra Grup kebetulan memang telah melakukan investasi yang cukup lama di Vietnam dan kita melakukan komunikasi yang sangat baik dengan Ciputra Grup untuk terus memantau bisnis yang dilakukan Ciputra di luar negeri. Sudah kewajiban pemerintah untuk memberikan perlindungan pada investasi-investasi kita yang ada di luar negeri,” tambahnya.

Kabar meninggalnya Ciputra diakui Retno membuatnya sangat terkejut. Setelah menerima kabar tersebut dari Duta Besar Indonesia untuk Singapura, Retno pun segera mempercepat proses pemulangan jenazah Ciputra ke Tanah Air.

“Jadi begitu beliau meninggal, duta besar kita berkomunikasi dengan saya dan tentunya ada proses administrasi dan sebisa mungkin kita memberikan dukungan dan bantuan terhadap pemulangan jenazah,” tutupnya.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Saifan Zaking


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads