alexametrics

Antonius: Pak Ci Minta Saya Bantu Mantan PSK Lewat Wirausaha

28 November 2019, 18:07:54 WIB

JawaPos.com – Pendiri Grup Ciputra, Ir. Ciputra, bukan hanya seorang pebisnis yang mengejar profit. Pria yang akrab disapa Pak Ci itu juga merupakan sosok yang punya kepekaan sosial tinggi.

Hal itu diketahui dari cerita para kerabat dan keluarga, salah satunya Antonius Tanan, Direktur Senior Grup Ciputra. Dia mengatakan, Pak Ci selalu meminta orang-orang terdekatnya untuk memberdayakan masyarakat. Antonius pun terkenang akan amanat dari Pak Ci.

“Antonius, kamu harus melatih orang yang paling hina di Indonesia. Kamu harus bisa membantu melalui entrepreneur (wirausaha) seperti mantan PSK yang sudah tua,” kata Antonius menirukan pesan Pak Ci, dalam konferensi pers di Ciputra Artpreneur, Jakarta, Kamis (28/11).

Pak Ci juga selalu mengajarkan agar selalu memikirkan masa depan orang-orang yang terpinggirkan. Awalnya, Antonius tidak mengerti bagaimana caranya. Namun, Pak Ci lantas menjelaskannya, sehingga Antonius paham maksud dari perkataan almarhum.

“Saya tidak tahu caranya, tapi dia bicara terus-menerus. Sehingga saya sadar rakyat jelata ada di dalam hati dia. Pak Ciputra ingin membuat negara Indonesia menjadi negara entrepreneur,” tambahnya.

Seperti testimoni dari kerabat lainnya, Antonius pun menegaskan wejangan Pak Ci tak sekadar kata-kata. Melainkan contoh, tindakan nyata.

Antonius mengatakan, mereka hingga kini melatih buruh migran yang tersebar di Malaysia, Singapura, Hongkong, hingga Korea Selatan. Kepekaan sosial Pak Ci itupun menular pada anak cucunya.

Anak pertama Pak Ci, Rina Ciputra Sastrawinata, menyampaikan bahwa dia berkomitmen untuk terus membangun bangsa Indonesia. “Kami juga berterimakasih pada pemerintah, sahabat kolega dan semua dokter dan semua pihak yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu kepada ayah kami sampai pada akhir hayatnya. Kami sekeluarga besar Ciputra Grup berterima kasih,” kata Rina.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Saifan Zaking


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads