alexametrics

Vaksinasi jadi Upaya Semua Negara Keluar dari Pandemi Covid-19

28 September 2021, 23:33:05 WIB

JawaPos.com – Vaksinasi Covid-19 menjadi salah satu upaya yang digunakan oleh semua negara untuk mengatasi pandemi akibat virus Korona. Termasuk tentunya Indonesia. Mengutip laman resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, data vaksinasi hingga 23 September 2021 terdapat 83.248.128 atau 39,97 persen masyarakat sudah melakukan vaksin dosis pertama, 46.980.347 atau 22.56 persen telah merampungkan hingga dosis kedua dari sasaran target vaksin keseluruhan 208.265.720.

Direktur Yale Institute for Global Health, Saad Omer menyampaikan, kehadiran vaksin merupakan kabar baik dan langkah penting dalam upaya bersama secara global untuk mengakhiri pandemi Covid-19. Vaksin yang digunakan juga sudah melalui penelitian dan uji klinis sehingga aman dan efektif.

Namun, ada sebagian orang yang masih skeptis atau ragu terhadap vaksin Covid-19. Padahal, vaksin dapat menyelamatkan dua hingga tiga juta nyawa setiap tahun dan merupakan salah satu kemajuan terbesar di dunia kedokteran modern.

Saad Omer memaparkan, ada enam hal yang dapat dilakukan jika bertemu dengan orang yang masih ragu terhadap vaksin Covid-19. Pertama, berempati dengan nilai-nilai yang mereka yakini. Omer menyarankan, hal pertama yang perlu dilakukan adalah menanggapi permasalahan mendasar yang mereka rasakan.

Kemudian menunjukkan rasa empati seperti misalnya saat ada yang mengeluhkan sulitnya melakukan berbagai kegiatan akibat Covid-19, sampaikan bahwa tempat-tempat yang ingin mereka datangi akan mulai dapat diakses kembali setelah semua orang menerima vaksin.

“Pastikan bahwa mereka merasa didengar. Jangan berfokus hanya pada vaksin karena vaksin hanya salah satu aspek dan fokus hanya pada vaksin justru menurunkan peluang keberhasilan kita dalam meyakinkan mereka,” ujar Omer.

Editor : Edy Pramana

Reporter : ARM, Muhammad Ridwan

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads