alexametrics

Temuan Relief Kuak Fungsi Situs yang Terkait Penguasa Majapahit

28 September 2021, 10:46:34 WIB

JawaPos.com – Majapahit adalah kerajaan besar yang kepingan sejarahnya terus ditata ulang. Ekskavasi yang kembali dimulai di situs di Desa Klinterejo, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, kemarin (27/9) merupakan bagian dari upaya tersebut. Tim arkeolog mulai menyasar sisi barat agar bisa melengkapi struktur situs.

Tujuannya tidak hanya menggali potensi struktur candi, tetapi juga melakukan pengembangan dan pemanfaatan situs.

”Harapannya, kami bisa menemukan setidaknya level 0 atau halaman candi. Syukur-syukur nanti kami dapat menemukan pagarnya,” kata Pahadi, arkeolog dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur, kepada Jawa Pos Radar Mojokerto.

Pahadi menjelaskan, sebelum melakukan ekskavasi lanjutan di situs di Kecamatan Sooko tersebut, pihaknya mendapat sejumlah temuan menarik. Salah satunya, relief asta dikpala yang membantu menguatkan periodisasi situs.

PETUNJUK: Arkeolog Ismael Lutfie menunjukkan angka tahun yang tertera di dinding yoni di situs Bhre Kahuripan di Desa Klinterejo, Kabupaten Mojokerto, kemarin (27/9). (JAWA POS RADAR MOJOKERTO)

Dia menyatakan, sejauh ini pihaknya masih mengacu pada data primer. Yakni, batu angka tahun di situs. Namun, situs Bhre Kahuripan itu diprediksi dibangun pada masa Tribuana Tungga Dewi bertakhta di Kerajaan Majapahit.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : vad/ron/c14/ttg

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads