alexametrics

Respons KPK kala Kepercayaan Masyarakat Anjlok

28 September 2021, 10:58:59 WIB

JawaPos.com – Kepercayaan publik kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) merosot drastis. Berdasar hasil survei Indikator Politik Indonesia, lembaga antirasuah itu berada pada urutan empat, setelah TNI, Presiden, dan Polri.

Dalam survei itu, poin tingkat kepercayaan untuk KPK hanya 65. Sedangkan 26 persen menyatakan sedikit percaya, 4 persen tidak percaya dan 5 persen tidak menjawab.

Atas hasil persepsi publik itu, Plt Jubir KPK Ali Fikri mengklaim bahwa pemberantasan korupsi adalah ikhtiar panjang. Menurut dia, survei persepsi publik menjadi salah satu tolok ukur bagaimana masyarakat menilai kinerja dan manfaat dari kerja pemberantasan korupsi oleh KPK.

“Pemberantasan korupsi adalah ikhtiar panjang. Dampak dan manfaatnya tidak serta-merta bisa kita rasakan seketika itu juga,” kata Ali dalam keterangannya, Selasa (28/9).

Ali yang berlatar jaksa itu menjelaskan, dalam penanganan sebuah perkara, publik mungkin bisa langsung melihat bagaimana KPK menangkap para pelaku dan memulihkan kerugian negaranya. Namun pada upaya pencegahan dan pendidikan antikorupsi, butuh waktu untuk bisa menikmati hasil dari perbaikan sistem dan penanaman nilai antikorupsi kepada orang per orang.

Meski demikian, kata Ali, KPK mengapresiasi hasil survei yang terus konsisten mengukur dan memotret persepsi publik. Hal ini bisa menjadi bahan evaluasi bagi kinerja KPK.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : Muhammad Ridwan

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads