alexametrics

BMKG Ingatkan Potensi Hujan Lebat di Sejumlah Wilayah Indonesia

28 April 2022, 12:33:05 WIB

JawaPos.com–Prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut, sejumlah daerah di Indonesia berpotensi mengalami hujan lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang. Termasuk wilayah di Pulau Jawa, Sumatera, dan Kalimantan.

Berdasarkan prakiraan cuaca yang dikutip dari situs BMKG seperti dilansir dari Antara, hujan lebat disertai kilat dan angin kencang berpotensi terjadi di wilayah Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Jogjakarta, dan Jawa Timur. Hujan lebat juga berpotensi turun di wilayah Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, dan Papua.

Potensi hujan dengan intensitas yang lebih rendah diprakirakan terjadi di Kepulauan Bangka Belitung, DKI Jakarta, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Papua Barat. Beberapa kota besar di Indonesia yang berpotensi mengalami hujan petir seperti Jogjakarta, Pontianak, Banjarmasin, Pangkal Pinang pada siang hari dan Tarakan pada malam hari.

Untuk wilayah DKI Jakarta hujan petir berpotensi terjadi di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada siang hari (28/4). Sementara hujan ringan diprakirakan turun di wilayah Jakarta Barat, Jakarta Pusat, dan Jakarta Utara pada siang hari. Hujan ringan juga diperkirakan terjadi di Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu pada dini hari.

BMKG memperingatkan bahwa Kalimantan Utara masuk dalam wilayah siaga dampak hujan lebat seperti banjir untuk hari ini (28/4). Sementara provinsi yang masuk kategori waspada adalah Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Jogjakarta, Jawa Timur, Banten, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, dan Papua Barat.

BMKG mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi hujan dan angin kencang selama perjalanan mudik. ”Untuk wilayah Kalimantan Selatan satu minggu ke depan masih berpotensi terjadi hujan ringan hingga sedang di beberapa lokasi, jadi pemudik patut waspada dan tetaplah berhati-hati,” kata Staf Prakirawan Stasiun Meteorologi Syamsudin Noor Banjarmasin Fitma Surya Arghani.

Berdasarkan analisis BMKG, saat ini wilayah Kalimantan Selatan terdapat daerah konvergensi (pertemuan angin) dan terdapat adanya gelombang kelvin equator yang berpropagasi ke arah timur mencakup wilayah Kalimantan Selatan. Kemudian kondisi udara atas di sekitar Kalimantan Selatan yang cukup labil, dengan didukung kelembapan udara yang tinggi menambah potensi banyak awan.

”Faktor alam tersebut dapat berpotensi menghasilkan hujan dengan intensitas sedang yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang. Jadi pantaulah selalu prakiraan cuaca yang kami berikan setiap hari, bahkan setiap saat ketika ada perubahan sebagai peringatan dini untuk diwaspadai masyarakat,” jelas Fitma.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini: