alexametrics

Pandemi Korona, MUI: Sebaik-baiknya Salat Dilakukan di Rumah

28 Maret 2020, 14:52:34 WIB

JawaPos.com – Majelis Ulama Indonesia atau MUI mengajak umat Islam Indonesia untuk meningkatkan dan memperbanyak shalat serta ibadah di rumah. Imbauan ini dikeluarkan untuk meminimalisasi penyebaran virus Korona yang masih belum berhenti merebak.

Sekretaris Komisi Fatwa MUI, Asrorun Niam Sholeh mengatakan bahwa ada hikmah di balik pandemi ini. Ia mengatakan bahwa imbauan tidak keluar rumah yang diserukan pemerintah bisa membuat umat muslim memperbanyak beribadah di dalam rumah.

“Rasulullah SAW menegaskan di dalam hadis shahihnya bahwa sebaik-baik ibadah shalat yang dilaksanakan oleh hamba di dalam hal ini umat Islam yakni salat yang dilaksanakan di rumah,” ujarnya Asrorun di Kantor BNPB, Jakarta, Sabtu (28/3).

Asrorun mengatakan, tertulisnya hadis tentang baiknya salat di rumah ditambah adanya COVID-19 sudah jelas membuat umat muslim harus melakukan salat di rumah.

“Salat di rumah itu adalah keutamaan. Kecuali salat-salat yang memang terikat pelaksanaannya di masjid seperti salat tahiyatul masjid,” katanya.

Diketahui, MUI mengeluarkan Fatwa Nomor 14 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ibadah dalam Situasi Wabah Virus Korona (Covid-19). Fatwa tersebut mengatakan bahwa masyarakat mengganti salat Jumat dengan salat Zuhur demi mencegah penyebaran COVID-19 bagi orang-orang sehat.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Gunawan Wibisono

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads