alexametrics

Dalam Dua Bulan, Dua Dirjen Dicopot di Kemenkum HAM

28 Februari 2020, 15:24:13 WIB

JawaPos.com – Setelah mencopot Dirjen Imigrasi Ronny F. Sompie, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) kembali merombak pejabat. Kali ini giliran Sri Puguh Budi Utami yang digeser dari posisi Dirjen pemasyarakatan menjadi kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Hukum dan HAM (Balitbangkum HAM).

Saat dikonfirmasi, Utami mengklaim rotasi jabatan itu adalah bagian dari penyegaran. Dia mengaku belum mendapat informasi lebih detail soal alasan perombakan jabatan di Kemenkum HAM tersebut.

’’Penyegaran saja. Biar lebih optimal dan pasti untuk kinerja (Ditjenpas) yang lebih bagus,’’ ujarnya saat dikonfirmasi seusai acara di kantor Ditjenpas, Jakarta, kemarin (27/2).

Perombakan pejabat itu sebelumnya dilakukan Kemenkum HAM pada 29 Januari. Kala itu Menkum HAM Yasonna H. Laoly mencopot Ronny dari posisi Dirjen imigrasi.

Pencopotan tersebut bersamaan dengan biasnya informasi terkait dengan keberadaan buron KPK Harun Masiku. Imigrasi awalnya menyebut Harun berada di luar negeri saat OTT KPK, tapi kemudian informasi itu diperbaiki.

Utami menjelaskan, dirinya tidak tahu-menahu soal pertimbangan Kemenkum HAM melakukan perombakan. Yang jelas, dirinya sudah melakukan banyak hal untuk memperbaiki kondisi lembaga pemasyarakatan (lapas) dan rumah tahanan negara (rutan).

’’Kami sudah punya slogan speed up berprestasi, pemasyarakatan pasti bersih melayani,’’ ujarnya.

Dia berharap pejabat yang menduduki posisi Dirjenpas dapat melanjutkan program yang telah dibangun. Salah satunya Resolusi Pemasyarakatan 2020. Dalam resolusi itu, Ditjenpas mendorong agar 681 satuan kerja (satker) pemasyarakatan mendapat predikat wilayah bebas korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM). ’’Saat ini baru 22 satker yang sudah WBK dan satu satker WBBM,’’ ujarnya.

Menkum HAM Yasonna H. Laoly-Eks Dirjen Imigriasi Ronny F. Sompie. (HENDRA EKA/JAWA POS)

Editor : Ilham Safutra

Reporter : tyo/c19/ttg



Close Ads