alexametrics

Yakini Nama Nusantara Tepat, Wagub Kaltim: Keputusan Bijak dan Elegan

28 Januari 2022, 16:47:24 WIB

JawaPos.com – Pemerintah memutuskan untuk memberikan nama Nusantara untuk Ibu Kota Negara (IKN) yang terletak di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim). Hal ini pun menjadi pembahasan publik lantaran kata tersebut punya luas.

Kendati banyak pro dan kontra, Wakil Gubernur Wagub Kaltim Hadi Mulyadi mengatakan, nama yang disematkan untuk IKN sudah sangat tepat. Sebab, nama itu sangat ‘berbau’ Indonesia.

“Saya kira nama ini luar bias. Ini nama yang menyatukan kita semua,” jelas dia di Guest House Bupati Penajam Paser Utara, Jumat (28/1).

Menurutnya, langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah sangat tepat dan masuk akal. Oleh karenanya, nama untuk ibu kota baru tersebut tidak perlu diperdebatkan lagi.

“Keputusan presiden memberi nama nusantara menurut saya. Keputusan yang bijak dan elegan. Nama itu adalah nama yang dikenal kita semua,” ucapnya.

Ditegaskan olehnya bahwa nama ini memiliki makna dari Bhineka Tunggal Ika yang kuat. Diharapkan dari nama ini, Indonesia akan semakin kuat sebagai negara yang memiliki toleransi tinggi.

“Seluruh masyarakat, seluruh etnis merasakan ini adalah nama yang mempersatukan Indonesia semua,” pungkas dia.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Saifan Zaking

Saksikan video menarik berikut ini: