alexametrics

Selain Baku Tembak dengan Aparat, KKSB Papua Juga Aniaya Warga Sipil

28 Januari 2020, 11:55:49 WIB

JawaPos.com – Kontak senjata antara aparat TNI-Polri dengan Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) pecah di Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua, pada Minggu (26/1). Akibatnya 1 anggota KKSB kelompok Lekagak Talenggeng tewas dan 1 lainnya berhasil ditangkap.

Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw mengatakan, jajarannya saat ini masih melakukan pengejaran kepada KKSB ini. Selain menyerang petugas, mereka juga diduga telah melakukan penganiayaan kepada masyarakat sipil.

“Ada yang kerja di perusahaan itu (dianiaya), kita sedang evakuasi, nanti kepastiannya akan saya berikan laporan setelah evakuasi,” kata Paulus di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (28/1).

Namun, Paulus belum menjelaskan secara pasti penganiayaan seperti apa yang dilakukan KKSB kepada masyarakat sipil tersebut. Dia pun belum menyebutkan berapa orang yang menjadi korban. Pria berpangkat bintang 2 itu menyampaikan, pengejaran kepada kelompok Lekagak Talenggeng memiliki kesulitan tersendiri. Sebab, wilayah operasinya di pedalaman. Sangat jauh dari ibu kota Paniai.

Dalam pengamatan aparat, kelompok Lekagak Talenggeng ini bergerak ke arah Sugapao. Kerja maksimal terus dilakukan petugas agar tidak ada lagi korban akibat kelakuan kelompok sparatis ini. “Kecamatannya terpencil dan tidak ada hubungan komunikasi, tapi maksud saya, ya, itulah fakta bahwa mereka terus menunjukkan eksistensi mereka, kami tangani terus,” tegas Paulus.

Sebelumnya, Aparat TNI dan Polri terlibat kontak senjata dengan anggota KKSB Papua. Dalam kontak tembak itu, anggota KKSB dilaporkan tewas di Kampung Jupara, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya.

Kapolda Papua Irjen Pol. Paulus Waterpauw membenarkan insiden tersebut. “Memang benar ada laporan tentang terjadinya kontak tembak di Kabupaten Intan Jaya, Minggu (26/1), hingga menewaskan dua anggota KKB,” kata Irjen Pol Paulus Waterpauw, Minggu (26/1).

Pada Senin (27/1) Mabes Polri melarat jumlah korban. Polri menyebut anggota KKSB yang tewas hanya 1 orang. Sedangkan 1 lainnya diamankan setelah diserahkan oleh warga. Walaupun terjadi kontak tembak di Kabupaten Intan Jaya, dia menyatakan secara keseluruhan situasi di wilayah itu relatif kondusif.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Sabik Aji Taufan



Close Ads