alexametrics

Pesan Ke Jokowi, Titiek Soeharto: Apa Susahnya Nyontek Orde Baru!

27 November 2018, 18:26:59 WIB

JawaPos.com – Putri keempat Presiden Soeharto, Siti Hediati Soeharto atau Titiek Soeharto membeberkan keberhasilan orde baru saat menjalankan roda pemerintahan selama 32 tahun. Menurutnya, dibandingkan pemerintahan sekarang, kebijakan era Soeharto lebih dirasakan oleh masyarakat.

Titiek menjelaskan, setiap kali dirinya berkunjung ke daerah-daerah, masyarakat menyampaikan bahwa di era Soeharto kesejahteraan dan keamanan lebih dirasakan. Saat pemerintahan orde baru pun stabilitas politik negara juga lebih terjamin.

Bahkan, tidak sedikit masyarakat menyampaikan mudah mencari kerja dan ekonomi lebih maju dibandingkan dengan era sekarang.

“Dari setiap kali saya ke daerah-daerah, mereka menyampaikan bahwa enak zaman Pak Harto. Aman situasinya, stabilitas politik juga terjamin. Dari aman itu, orang gampang cari kerjaan. Ekonomi bangsa jadi maju,” ujarnya saat ditemui di Gedung ANRI, Jakarta Selatan, Selasa (27/11).

Sementara, kata Titiek, di era pemerintahan sekarang hampir di semua sektor tidak begitu baik. Misalnya, saat era orde baru daya beli masyarakat jauh lebih baik. Termasuk, dalam hal swasembada di sektor pertanian. Sementara, di era pemerintahan yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini bidang pertanian tidak dinomorsatukan.

“Awal-awal di era Pak Harto mimpin diutamakan di sisi pertanian. Sekarang, kayaknya diabaikan, pertanian tidak dinomorsatukan,” kata Titiek.

Menurutnya, keberhasilan-keberhasilan pemerintahan orde baru itu tidak ada salahnya jika dicontek oleh pemerintahan saat ini. Sebab, kata dia, kebijakan pemerintah saat ini banyak dikeluhkan masyarakat Indonesia.

“Masukan kepada pemerintah sekarang yah tinggal menyontek saja. Apa susahnya. Jadi, sudah saya sampaikan beberapa kali, formula-formula itu bukan bikinan Pak Harto sendiri, tapi bersama putera puteri terbaik bangsa,” pesan Titiek kepada pemerintah saat ini.

Lanjut dia mengatakan, apa pun nama programnya bisa diadopsi dari kebijakan Soeharto. Seperti kebijakan Bulog, Keluarga Berencana, dan program swasembada pertanian.

Titiek menilai, pekerjaan rumah pemerintah saat ini sangat banyak yang perlu diselesaikan. Seperti, janji pemerintah menyerap tenaga kerja begitu banyak, akan tetapi jumlah pengangguran meningkat. Bukannya swasembada pangan, pemerintah mengeluarkan kebijakan impor yang tak terkendali.

“Sekarang, Bulog fungsinya tidak seperti yang dulu. Ditiru saja, nggak. Padahal bisa membantu swasembada pangan. Dimana kita sekarang impor-impor tak terkendali. Pendidikan juga masih kurang, dan peredaran narkoba sangat tinggi yang menghancurkan generasi muda Indonesia,” kata Titiek.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : (wiw/JPC)

Pesan Ke Jokowi, Titiek Soeharto: Apa Susahnya Nyontek Orde Baru!