Ada Kekurangan dan Kelebihan Kepemimpinan Era SBY dan Jokowi

27 September 2022, 08:11:13 WIB

JawaPos.com – Manuver politik dari Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mendapat banyak respons. Pengamat politik dari Voxpol Center Pangi Syarwi Chaniago menilai, setiap era presiden memiliki skala prioritas. Hal itu tidak bisa dibandingkan satu sama lain.

“Setiap presiden punya kelebihan dan kekurangan menurut saya,” ujar Pangi kepada wartawan, Senin (26/9).

Pangi menilai sikap AHY yang membandingkan pembangunan infrastruktur era Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan Joko Widodo (Jokowi). Menurut dia, seorang ketua umum partai tidak harus membandingkan era kepemimpinan presiden. Sebab, setiap pemimpin memiliki program prioritas sendiri.

Menurut Pangi, pidato AHY di Rapimnas Partai Demokrat di JCC, Senayan, Jakarta, beberapa waktu lalu hanya semata upaya untuk meningkatkan elektabilitas personal dan Partai Demokrat. Apalagi Pemilu 2024 sudah kian mendekat.

Dia menyarankan AHY turut menyertakan data konkret saat melontarkan kritik. Sehingga, saat kritik dilontarkan tidak berdampak negatif kepada partai.

“Biasanya di saat pemerintahan itu lampunya agak redup, tentu lampu yang lebih terang oposisi. Tentu oposisi harus mengritik berdasarkan data yang kuat. Tidak berdasarkan asumsi atau persepsi yang sepihak. Nah, selama ini cenderung oposisi belum terlalu progres,” jelas Pangi.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, AHY dalam pidatonya di Rapimnas Partai Demokrat di JCC, Senayan, Jakarta menyatakan, proyek yang banyak diresmikan Jokowi adalah proyek yang pembangunannya dimulai pada era SBY.

Sementara, Jokowi dianggap tidak memberikan apresiasi kepada pendahulu. “Kadang-kadang saya speechless juga mengatakannya. Tapi kenapa sih, kita tidak kemudian mengatakan terima kasih telah diletakkan landasan, telah dibangun 70 persen, 80 persen, sehingga kami tinggal 10 persen tinggal gunting pita. Terima kasih Demokrat, terima kasih SBY, begitu,” kata AHY, Kamis (16/9).

Editor : Ilham Safutra

Reporter : Sabik Aji Taufan

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads