alexametrics

Penjelasan MKD Belum Bisa Berhentikan Azis Syamsuddin di DPR

27 September 2021, 11:15:44 WIB

JawaPos.com – Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin telah ditetapkan menjadi tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) lantaran diduga melakukan suap terkait penanganan perkara di Lapung Tengah.

Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR Aboe Bakar Alhabsyi mengatakan sampai saat ini pihaknya belum bisa melakukan pemberhentian sebagai anggota dewan terhadap Azis Syamsuddin. Hal ini lataran status politikus Partai Golkar ini masih menjadi tersangka, belumlah terdakwa.

“Status Azis Syamsuddin saat ini masih tersangka, belum terdakwa, jadi belum bisa dilakukan pemberhentian sementara,” ujar Aboe kepada wartawan, Senin (27/09).

Sekretaris Jenderal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menuturkan, merujuk pada ketentuan berdasarkan Pasal 87 Ayat 5 Undang-Undang tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD (MD3), menyebutkan pemberhentian sementara pimpinan DPR, dapat dilakukan jika yang bersangkutan sudah menjadi terdakwa.

“Namun demikian, menurut ketentuan pasal 87 Ayat 1 huruf B UU MD3, pimpinan DPR dapat diberhentikan dengan sementara apabila yang bersangkutan menyatakan mengundurkan diri,” katanya.

Aboe menuturkan, pihaknya sudah mendengar di media yang menyebutkan Azis Syamsuddin menyatakan mengundurkan diri ke partainya. Namun MKD DPR belum bisa bertindak karena belum mendapatkan surat tersebut.

“Namun sampai saat ini MKD belum menerima berkas tersebut. Sehingga kita belum bisa mengambil langkah hukum,” katanya.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Gunawan Wibisono

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads