alexametrics

Jemaah Haji Difabel Dejavu saat Tiba di Arab, Umrah pun Belum Pernah

27 Juni 2022, 13:12:43 WIB

JawaPos.com – Gusmadi, 62, jemaah haji difabel dari kloter 09 Embarkasi Batam (BTH 09), akhirnya tiba di Arab Saudi. Mimpinya menjadi kenyataan. Dia masih tak percaya bisa sampai ke tanah kelahiran nabi.

Pria asal Kabupaten Siak, Provinsi Riau, itu merasa dejavu. Dia mengaku pernah bermimpi berada di Tanah Suci, dan saat ini benar tiba di Arab Saudi untuk ibadah haji ditemani sang istri.

Setibanya di Arab, bapak enam anak tersebut langsung diarahkan petugas untuk rehat sejenak di paviliun B3.Tak lama berselang, dia kembali duduk di kursi roda.

Sesekali, pria bertubuh kokoh itu mencoba untuk berdiri dan berjalan menggunakan alat kruk yang dibawanya dari Tanah Air. Beberapa kali dia tampak menolak bantuan petugas.

Dalam kondisi difabel, Gusmadi berupaya mandiri, meski harus berdiri dengan sebelah kaki. Saat disapa, Gusmadi bercerita bahwa dirinya mengalami kecelakaan lalu lintas pada 1997.

Peristiwa 25 tahun silam itu membuatnya kehilangan kaki kirinya karena harus diamputasi. “Tahun 1997, saya mengalami kecelakaan. Itu yang membuat kondisi saya seperti ini (kehilangan satu kaki),” ujar Gusmadi.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Sabik Aji Taufan

Saksikan video menarik berikut ini: