alexametrics

KPU Terima Eksepsinya Ditolak MK

27 Juni 2019, 20:08:27 WIB

JawaPos.com – Komisi Pemilihan Umum RI (KPU) tak mempermasalahkan nota keberatan (eksepsi) terkait permohonan perbaikan tim hukum Prabowo-Sandi ditolak oleh Mahkamah Konstitusi (MK). MK menerima berkas perbaikan tim hukum paslon 02 selaku pemohon, dan menolak eksepsi yang diajukan oleh termohon dan pihak terkait.

“Pada dokumen perbaikan itu tetap menyerahkan sepenuhnya ke MK. Mau enggak mau, kalau memang Mahkamah sudah mempertimbangkan aspek keadilan, bahwa itu jadi satu kesatuan dokumen (perbaikan kubu Prabowo-Sandi),” kata Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi saat jeda sidang PHPU Pilpres 2019 di gedung MK, Jakarta Pusat, Kamis (27/6).

Pramono menuturkan, MK memberikan ruang keadilan bagi setiap pencari keadilan yakni untuk pihak Pemohon, Termohon, Terkait dan Bawaslu. KPU menyatakan, akan menjawab tuduhan soal dugaan kecurangan dalam pemilu 2019.

“Paling penting bagi KPU itu memberikan ruang untuk menjawab tuduhan-tuduhan yang selama ini muncul, bahwa KPU secara terstruktur menjadi bagian tim pemenangan salah satu paslon,” tegas Pramono.

Kendati demikian, Pramono menyebut apa yang didalilkan oleh kubu Prabowo-Sandi telah dipatahkan oleh majelis hakim konstitusi. Menurut hakim, apa yang dituduhkan tidak didukung oleh bukti yang relevan.

“Yang didalikan pemohon membuktikan keberpihakan penyelenggara ternyata tak diperkuat bukti lain. Sehingga tak jelas oleh siapa, di TPS mana, desa mana, dan korelasinya dengan perolehan suara kedua paslon,” terang Pramono.

Lebih jauh, Pramono menuturkan, pihaknya akan langsung menggelar rapat pleno terkait keputusan majelis hakim konstitusi. “Tergantung putusannya apa, diterima atau ditolak, kami harus mempersiapkan alternatif,” jelas Pramono.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Muhammad Ridwan


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads