alexametrics

Gandeng Anak Muda, Mendes PDTT Buat Platform Desa Wisata Nusantara

27 Maret 2022, 22:54:31 WIB

JawaPos.com–Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT) Abdul Halim Iskandar minta anak-anak muda berperan dalam percepatan pembangunan. Hal itu diungkapkannya ketika menjadi keynote speaker dalam acara Millenial Summit 2022 yang digelar PW IPNU Jatim di Kantor PWNU Jatim.

”Indonesia memasuki zaman yang booming untuk generasi mudanya, bonus demografi istilah yang paling mudah. Bonus demografi ini punya dua sisi mata pisau. Kalau salah menggunakan akan menjadi masalah. Tapi kalau tepat akan sangat produktif bagi percepatan pembangunan bangsa ini,” kata Halim.

Gus Halim, sapaan akrabnya, menyebut, memasuki era disrupsi, ada banyak hal dan fenomena yang terjadi. Mulai dari pandemi Covid-19 hingga perang.

”Ini era disrupsi. Harga nggak karu-karuan (menentu). Anak muda harus mempersiapkan diri karena situasi yang tidak menentu,” tutur Halim.

Mendes PDTT mengaku banyak memaksimalkan tenaga anak muda dalam program kementerian. Salah satunya terkait pengoptimalan BUMDes.

”Kunci semua itu adalah kesiapan desa dengan mengikuti perkembangan teknologi utamanya teknologi informasi. Kita memiliki sekitar 250 desa yang sekarang lagi kita dampingi untuk menjadi desa digital atau desa cerdas atau smart village,” ujar Halim.

Mantan Ketua DPRD Jatim itu berjanji melibatkan milenial khususnya dalam menggarap promosi digital. BUMDes juga harus dikenalkan melalui digital, serta memasukkan produk-produk desa ke dunia e-commerce.

Salah satu bukti pelibatan anak muda adalah dengan fasilitas platform Desa Wisata Nusantara. Platform itu mengumpulkan desa-desa wisata se-Indonesia yang dikelola BUMDes dan fasilitasnya dikelola Kemendes.

”Sudah sekitar 500 desa wisata yang masuk di situ dan tiap hari terus up date. Kita bikinkan lomba promosi desa wisata yang kita umumkan setiap bulan peringkatnya,” ujar Halim.

Halim yang juga Ketua DPW PKB Jatim itu menambahkan, Kemendes PDTT juga menyiapkan Kongres Kebudayaan Desa. Acara tersebut untuk memaksimalkan potensi desa.

”Besok kick off kongres kebudayaan desa di Majalengka yang digagas para kepala desa milenial. Cara pikir anak muda yang didukung kuat support IT. Target terbentuknya BUMDes. Ada 300 desa yang punya program unggulan. Nanti dibikin market place, sehingga semua warga bisa mengakses itu,” papar Halim.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : rafika

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads