alexametrics

Pemerintah Buat PP yang Mengatur Karantina Wilayah Covid-19

27 Maret 2020, 19:15:05 WIB

JawaPos.com – Pemerintah akan membuat aturan terakit karantina wilayah dalam menghadapi pandemi virus korona jenis baru (Covid-19) di Indonesia. Hal ini nantinya akan diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP).

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan, pembahasan PP sudah mulai berjalan. Pembuatan PP ini berdasarkan Undang-undang Nomor 6 tahun 2018 Tentang Kekarantinaan Kesehatan. Sehingga ketika ada wilayah yang dikarantina bisa memiliki dasar hukum.

“Pemerintah ini sedang menyiapkan rancangan Peraturan Pemerintah, untuk melaksanakan apa yang disebut karantina kewilayahan,” kata Mahfud melalui video conference dengan wartawan, Jumat (27/3).

Mahfud memastikan, pembahasan PP tidak akan memakan waktu lama. Ditargetkan pekan depan sudah selesai dibahas dan siap diterbitkan. “Kita ini kan sedang dalam situasi yang darurat. Jadi dalam waktu yang tidak lama akan segera dikeluarkan. Kalau ditanya waktunya kapan, ya mungkin minggu depan nanti sudah ada kepastian,” tambahnya.

Menkopolhukam Mahfud MD saat berada dikantornya di Jakarta. FOTO: MIFTAHULHAYAT/JAWA POS

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu menyebut, saat ini pemerintah sudah mencermati situasi di beberapa daerah pasca mewabahnya korona. Diakuinya memang ada beberapa daerah yang sudah menerapkan local lockdown.

“Mereka sudah mulai menyampaikan beberapa keputusan kepada pemerintah, formatnya belum jelas, baru banyak pengumuman,” ungkapnya.

Akan tetapi pemerintah pusat belum bisa mengambil langkah yang sama. Karena sesuai Undang-undang harus ada PP yang mengatur. Melalui PP ini nantinya akan diatur format ketika daerah mengambil langkah karantina wilayah

“Bagaimana prosedurnya itu sekarang sedang disiapkan Insya Allah dalam waktu dekat nanti akan keluar peraturan itu agar ada keseragaman policy tentang itu,” tandas Mahfud.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Sabik Aji Taufan

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads