alexametrics

Ombudsman Masih Temukan Acara Seremonial Di Tengah Mewabahnya COVID-19

27 Maret 2020, 20:12:40 WIB

JawaPos.com – Ombudsman Republik Indonesia (ORI) masih menemukan adanya acara seremonial yang diselenggarakan oleh pejabat tinggi negara di tengah mewabahnya COVID-19. Hal ini tidak sejalan dengan imbauan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk tidak menggelar acara yang dapat memicu berkumpulnya orang banyak.

“Ombudsman Republik Indonesia mengingatkan kepada seluruh pejabat tinggi negara, kepala daerah dan pejabat daerah untuk menghentikan kegiatan seremonial dan acara lain yang dapat mengundang keramaian,” kata anggota Ombudsman, Alvin Lie dalam keterangannya, Jumat (27/3).

Alvin mengingatkan, acara yang memicu berkumpulnya orang dapat beresiko menyebarkan COVID-19. Tindakan tersebut merupakan salah bentuk maladministrasi.

“Tidak perlu juga mengundang awak media untuk meliput. Anggaran dan sumber daya yang terlibat akan lebih bermanfaat dialihkan untuk mendukung upaya pencegahan penyebaran Covid-19 dan untuk perawatan pasien yang terjangkit Korona,” harap Alvin.

Jika sangat penting untuk dipublikasikan, Ombudsman menyarankan agar memanfaatkan teknologi live streaming. Dengan demikian, acara tetap bisa terpublikasi tanpa harus menghadirkan wartawan di lokasi. “Kesehatan dan keselamatan jurnalis dan awak media juga wajib menjadi prioritas untuk dilindungi,” pungkas Alvin.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Muhammad Ridwan

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads