alexametrics

Cegah Penyebaran Covid-19, Masyarakat Diminta Sadar Diri Tak Mudik

27 Maret 2020, 10:11:37 WIB

JawaPos.com – Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengungkapkan bahwa ada rencana untuk melarang adanya mudik lebaran 2020. Hal itu untuk meminimalisir adanya penyebaran Covid-19.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Budi Setiyadi menjelaskan, jika kebijakan tersebut telah disetujui, maka masyarakat yang memiliki rencana untuk mudik, diharapkan untuk memiliki kesadaran diri di tengah kondisi seperti ini. Sebab, jika bersikeras, bukan tidak mungkin dirinya bisa menjadi sumber penyebaran virus.

Maka dari itu, bersama dengan para pihak terkait seperti Korlantas Polri, saat ini sedang dilakukan pengkajian terkait skema untuk melakukan pemblokiran akses pulang kampung.

“Skema pencegahan dan tidak boleh mudik kita akan menyiapkan protokol dengan Korlantas Polri. Kita akan melakukan penyekatan baik yang menggunakan jalan tol, nasional dan kalau sudah terlanjut akan kita kembalikan (dipulangkan),” tuturnya dalam Telekonferensi Pers, Jumat (27/3).

Kemudian, untuk dapat memastikan masyarakat tetap di rumah saja, selain dengan ketegasan, pihaknya juga akan memberikan hadiah kepada para masyarakat yang patuh dengan kebijakan yang telah dibuat.

“Nanti saya akan berkoordinasi, seperti dengan Pemprov DKI dan Kementerian Sosial (Kemensos), itu kan butuh reward dan punishment, seperti untuk yang tidak mudik dia juga harus dibantu dalam sisi pendapatan atau paket sembako supaya tidak mudik,” kata dia.

Adapun, Staf Khusus Menteri Pehubungan Bidang Komunikasi Adita Irawati juga menjelaskan terkait kondisi di mana adanya pencurian start yang dilakukan masyarakat terkait mudik. Saat ini, pemerintah daerah (Pemda) dari lokasi tujuan mudik juga telah mengambil langkah untuk menghindari adanya penyebaran.

“Mereka secara proaktif melakukan berbagai upaya seperti screening kepada para pemudik, seperti satu desa di Jawa Tengah itu melakukan screening secara swadaya, kita belum bisa cegah, makanya mereka melakukan mudik lebih awal. Jadi ini satu hal yang bisa dilakukan secara bersama-sama,” tutupnya.

Editor : Kuswandi

Reporter : Saifan Zaking



Close Ads