alexametrics

Cegah Korona, Ditjen PAS Pasang Bilik Sterilisasi di Lapas dan Rutan

27 Maret 2020, 09:50:29 WIB

JawaPos.com – Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) Kementerian Hukum dan HAM memasang alat bilik sterilisasi, untuk mengantisipasi penyebaran virus korona, di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan Negara (Rutan). Hal ini diharapkan agar virus korona tak mewabah terhadap warga binaan pemasyarakatan.

“Bilik sterilisasi saat ini berprogres tersedia di seluruh Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan,” kata Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen PAS) Nugroho dalam keterangannya, Jumat (27/3).

Nugroho menyebut, langkah preventif ini merupakan lanjutan dari berbagai upaya untuk menanggulangi penyebaran virus korona di lingkungan Pemasyarakatan. Menurutnya, 100 bilik sterilisasi itu telah tersebar di Lapas dan Rutan seluruh Indonesia.

“Lapas/Rutan berinovasi membuat bilik sterilisasi sendiri dengan sumber daya yang ada. Seperti warga binaan di Rutan Solo atau Rutan Mamuju yang saat ini sedang membuat bilik sterilisasi untuk 7 Lapas/Rutan di Sulawesi Barat, serta Lapas/Rutan lain yang berinovasi mengadakan sarana ini,” ucap Nugroho.

Selain bilik sterilisasi, Ditjen PAS juga telah mengeluarkan berbagai kebijakan dalam rangka kesiapsiagaan pencegahan penyebaran virus korona. Salah satunya pembatasan kunjungan dialihkan menjadi kunjungan melalui video call, refocusing anggaran hingga penunjukan Lapas/Rutan untuk penyediaan blok khusus isolasi.

“Kerja sama dengan mitra juga dilakukan seperti dinas kesehatan dan Palang Merah Indonesia,” pungkasnya.

Editor : Kuswandi

Reporter : Muhammad Ridwan



Close Ads