JawaPos Radar

Formasi Diumumkan Bulan Mei, Tes CPNS Digelar Usai Pilkada 2018

27/03/2018, 16:12 WIB | Editor: Dimas Ryandi
Asman Abnur
MenPAN RB Asman Abnur masih belum bisa memastikan total jumlah kuota CPNS 2018. (JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) akan segera membuka seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018. Hal itu dilakukan karena tahun ini akan ada 220 ribu Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang harus mengakhiri masa baktinya.

Menteri PAN-RB, Asman Abnur mengatakan, untuk formasi CPNS diperkirakan akan diputuskan dalam bulan dua bulan ke depan. Sedangkan pelaksaan seleksinya akan dilaksanakan pasca Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada Juni mendatang.

"Insya Allah kita putuskan bulan Mei, nanti pelaksanaan tesnya setelah pilkada," ungkap Asman di Istora Senayan Jakarta, Selasa (27/3).

Sementara itu terkait hasil seleksi tersebut sudah dapat diakses menjelang akhir tahun 2018. Kemudian agenda akan dilanjutkan dengan pembekalan kepada CPNS terpilih oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Nah, baru pengangkatannya seperti tahun lalu (2017), akhir tahun udah diumumkan hasilnya kemudian dilakukan lagi seperti ini (pembekalan CPNS)," tegas Asman.

Menurut Asman, hingga saat ini masih ada lembaga atau kementerian yang belum mengajukan formasi CPNS. Hal ini tentu penyebab sampai detik ini belum ada kepastian kuota CPNS tahun 2018.

Meski demikian, Asman telah menargetkan di akhir bulan April ini seluruh kementerian dan lembaga telah menyetorkan pengajuan formasi CPNS. Hal ini juga dimaksudkan agar tidak terjadi usulan-usulan tambahan ke depannya.

"Belum ada (total kuota CPNS), analisis terakhirnya belum kami buat," lanjut Asman.

"Masih ada (yang belum mengajukan usulan formasi). Tapi target kita akhir bulan ini semua sudah menyampaikan usulan. Jadi tidak ada lagi usulan-usulan tambahan," pungkas Asman.

(ce1/sat/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up