alexametrics

Agar Tak Tergilas, Wapres JK Minta Perbanas Ubah Kurikulum Perkuliahan

27 Februari 2019, 12:24:48 WIB

JawaPos.com – Kampus Perbanas merayakan ulang tahun emas ke-50 dengan menghadirkan Wakil Presiden Jusuf Kalla hari ini (27/2). Di depan pimpinan Perbanas, dosen, serta mahasiswa dia berpesan bahwa kurikulum perkuliahan perbankan perlu mengalami perubahan.

“Dulu perbankan itu urusan kepercayaan,” kata pria yang akrab disapa JK, di podium. Dia mengatakan zaman dahulu bank bisa berkembang dan maju karena mempertahankan kepercayaan dari nasabahnya.

Tetapi sekarang tidak hanya menjaga kepercayaan. Untuk bisa bertahan perbankan juga harus menguasai teknologi. Dengan teknologi aktivitas keuangan nasabahnya bisa cepat dan mudah.

Melalui perubahan tersebut, Wapres JK berpesan supaya kurikulum juga harus mengikuti. Kampus Perbanas tidak hanya membekali keilmuan di bidang perbankan saja. Tetapi juga bidang teknologi. Dia mencontohkan BCA sebagai pemain pertama yang berinvestasi di teknologi, sampai sekarang masih dicap masyarakat sebagai bank dengan kecepatan dan teknologi terbaik.

JK juga mengingatkan saat ini perbankan konvensional juga memiliki saingan baru. Yakni jasa financial technology (fintech). Seperti jasa fintech yang melayani penyaluran kredit. “Bank mempunyai saingan yang dulu tidak terpikirkan. Fintech. Peer to peer untuk ambil kredit,” jelasnya.

Editor : Kuswandi

Reporter : Hilmi Setiawan

Agar Tak Tergilas, Wapres JK Minta Perbanas Ubah Kurikulum Perkuliahan